[Trivia] Answer Me, Suntaek!

Saya gak tau kenapa saya masih nulis postingan yang masih ada kaitannya dengan Reply 1988 padahal saya sudah mengucapkan selamat tinggal pada drama ini. Mungkin karena saya belum bisa benar-benar melepaskan drama satu ini, atau mungkin karena saya yang tidak ingin melepaskan. Entahlah. Strong impact yang ditinggalkan Reply 1988 berbeda dibandingkan drama-drama lain, sebut saja salah satunya Healer. Semakin diteliti, semakin banyak hidden meaning yang diselipkan Lee Woo Jung di setiap scene. Makanya saya gak bisa terima jika hingga detik ini masih ada yang menuding beliau mengubah skrip.
Di forum Soompi ada yang melempar pertanyaan kurang lebih begini,
“...Kapan dan bagaimana kamu bisa memutuskan menjadi Suntaek Shipper?”
Bagi saya, menjadi Suntaek Shipper bisa menjadi satu perjalanan panjang yang (sedikit) melelahkan tapi selalu menyenangkan untuk dikenangkan kembali. Di antara tiga Reply Series, Reply 1988 lah yang paling memorable di ingatan saya.
Saya gak akan pernah lupa shocking moment yang bikin saya histeris sambil mukul-mukul paha sendiri, trus teriak-teriak ‘Ige mweoyaaaa? What are you doing, Writer-nim? Uri Taeki eoteokkhae?’ berulang kali sampai-sampai adek-adek sepupu saya yang lagi main di ruang depan rumah pada kaget HAHAHA. Itu adalah ketika Taek menelpon Deokseon di hari pertama salju turun. Saya langsung suka BGM lagunya Lee Jong Suk, The First Snow is Coming. Scene itu saya ulang-ulang tak lain karena saya sangat menikmati ekspresi Taek saat mengajak Deokseon menonton film. Tidak ada kesan ragu sama sekali, straightforward, dan sorot matanya itu loooh... semacam kayak ngomong, “Gue gak main-main. Gue mau ngajakin lo nonton” Lebih mengarah ke pernyataan ketimbang pertanyaan. Gitu....
Epic!
Saya gak inget apakah saya pernah nulis sesuatu yang bertentangan dengan apa yang akan saya tulis berikut ini—kalau iya, tolong maafkan.
Setelah menonton episode 1 dan 2 Reply 1988, Meskipun Shin PD sudah menegaskan bahwa drama ini hanya akan fokus pada tema keluarga saja namun saya sadar Husband Hunt telah dimulai. Kalau diingat-ingat lagi, sebenarnya pihak media-lah yang terlalu memberikan perhatian kepada tebak-tebakkan tentang siapa yang akan menjadi suami Deokseon—baca saja judul-judul artikel yang dirilis setelah episode demi episode Reply 1988 tayang, lalu antusias yang sama pun menjalar dengan cepat kepada para penonton—termasuk saya.
Ini serius. Saya kangen Ssangmundong .
Apakah sejak awal saya berharap Taek masuk dalam lingkaran husband hunt? Persentase-nya 50:50. Sebagian hati berharap dia-lah husband-nya, sebagian lainnya beerharap dia tidak terlibat sama sekali—saya takut patah hati bila di akhir ternyata bukan dia suami Deokseon. Complicated.
Scene patting the butt yang dilakukan Deokseon seraya bercanda agar Taek cepat besar dan menikahi Nuna (Deokseon), di situ feeling saya mulai gak enak. Mikro ekspresi-nya Taek—senyum tipisnya itu, saya curiga Taek udah punya rasa ke Deokseon tapi masih samar. Dan tibalah episode enam ketika Taek memenangkan pertandingan Baduk. Ada perayaan kecil-kecilan di kamarnya. Kala itu Taek memberikan pelukan berbeda pada Deokseon dibandingkan ketiga temannya yang lain. Taek terlihat sangat ekspresif dan senyumnya—ah. Saya makin harap-harap cemas, ini kok makin mencurigakan. gak bisa bohong juga kalau saya senang melihat little moment antara Taek dan Deokseon. Gimana ya ngejelasinnya... Dibandingkan kandidat satunya, momen Taek-Deokseon itu gak seperti OTP di drama kebanyakan. Bukan tipe scene yang bikin kita ber-awww ria tetapi scene yang membuat kita seperti melihat pasangan yang sudah hidup bertahun-tahun lamanya. Long last. Taek selalu mengerti Deokseon meski gadis ini tidak mengatakan apa-apa. Demikian pula dengan Deokseon, ia tahu apa yang disukai dan tidak disukai Taek—satu-satunya yang luput darinya adalah dia tidak menyadari bahwa sorot mata yang diberikan Taek padanya adalah rasa sayang bukan sebagai teman yang sudah disimpan laki-laki ini semenjak mereka kecil. Barangkali Deokseon terlanjur menganggap Taek tidak tertarik pada apa pun selain Baduk.
Ada satu gesture yang paling menonjol dari Taek yang hanya terlihat bila ia bersama Deoksoen—senyum lebarnya itu. Sulit menemukan Taek tersenyum selebar itu di scene lain yang tidak ada Deokseon-nya.
Di episode 10, setelah dating tak terencana Taek-Deokseon di pantai dan pengakuan Taek kepada teman-temannya kalau dia menyukai Deokseon, saya antara pengen nangis dan tersenyum. Nun jauh di dalam hati, saya mulai yakin Suntaek-lah the real OTP-nya, tapi gara-gara pendukung kandidat lainnya pe-de luar biasa membikin saya sebisa mungkin menekan antuasias saya sebagai #TeamLowExpectation. Bila memang bukan Taek, tolong jangan buat dia seperti Chilbong. Saya gak bisa ngeliat Taek patah hati. Kata saya begitu.
Karena terlalu khawatir dan takut, saya gak sadar sebenarnya sejak episode 10 karakter Taek semakin menonjol dan kandidat satunya semakin invisible. Jika di awal drama, banyak protes yang merujuk pada sedikitnya screentime Park Bo Gum, maka di separuh perjalanan keadaan berbalik—kandidat satunya lebih sedikit penampakannya. Gara-gara ini pula mulai bermunculan tudingan kalau Lee Woo Jung mem-favoritkan Taek (Park Bo Gum?). Ckck. Pecundang sebenarnya mah suka gitu. Nyari-nyari alasan untuk bisa disalahkan. Saya gak pernah protes kenapa screentime-nya Bogum sangat sedikit di awal. Protes dalam hati mungkin pernah, tapi secara terang-terangan seingat saya tidak pernah. Lagian, kalau mau sombong dikit, bukankah sewaktu pertama kali pengumuman cast, gak ada nama si itu. Wajar lah fans Park Bo Gum protes.
Jika berpegang pada premis awal, kandidat satunya hanya fokus pada keluarganya, sedangkan Taek meliputi seluruhnya—hubungannya dengan ayahnya, hubungannya dengan teman-teman dan tetangga di Ssangmundong serta love line-nya dengan Deokseon. Bukan tanpa alasan, di episode 1 gank Ssangmundong berkumpul di kamar Taek sebab kita akhirnya melihat episode 20, gank Ssangmundong pun berakhir di kamar Taek. Dari kacamata penulis—bukan penonton, saya mengakui Reply 1988 sebagai script terbaik yang pernah saya baca. Well-written. Jika pun semisal ada plot-hole di beberapa episode, saya bisa memaafkan sepenuh hati mengingat apa yang sudah diberikan Lee Woo Jung pada saya sebagai pembaca/penonton. Ia memberikan warna kehidupan karakter-karakter di Reply 1988, diceritakannya mereka—penghuni Ssangmundong ini dengan lugas, sederhana, dan menyentuh. Coba tunjukkan pada saya drama yang memprioritaskan seluruh tokoh-tokohnya? Tidak ada itu supporting character. Terus terang setelah Reply 1988, saya semakin kritis dan pilah-pilih menonton drama. Tidak ada drama yang saya tunggu dengan antisipasi tingkat tinggi. Bahkan drama-drama yang sedang tayang saat ini hanya saya donlot dan belum ditonton—kecuali Signal.
Kapan saya mulai memiliki keyakinan Taek adalah suami Deokseon?
Sebut saja keyakinan kecil. Episode 09.
Lalu memasuki episode 15 saya semakin membulatkan keyakinan EonamTaek is real. Kandidat satunya melewatkan satu kesempatan baiknya di tangga itu saat Deokseon menangis. Masamu udah lewat, Mas. Wkwk anggap saja saya ngomong gitu ke Mas Pilot. Meski demikian, saya tetap kalem dong. Fans si Mas kan terkenal galak dan cepet esmosi kalau ada yang nyoba-nyoba nyentuh doi. Yang kalem, ngalah ae. Kata Baduk etiket.
Lucunya, saya seolah sedang menunggu satu momen Suntaek yang akan melengkapi keyakinan tapi saya gak tau momen seperti apa yang saya tunggu LOL.
Dan tadaaaaaaa!
Episode 17. Wooop woopppppp! Kiss scene is coming. PAKSUUUU! HAHAHAHA. Masih inget reaksi temen-temen di LINE. Gokil paraaaaaah. Saya aja yang ngikutin live recaps-nya di LINE udah kayak ulat nangka, guling-guling di kasur, teriak-teriak di bawah bekapan bantal, haha-hihi sendiri, senyum-senyum gak jelas, sampe-sampe adek saya meringis ngeliat kakaknya bertingkah ngalahin orang lagi jatuh cinta HUAHAHAHA—udah lama saya gak ngalamin apa yang namanya jatuh cinta.
Kans si Mas Pilot semakin tipiiiissss lebih tipis dari kulit bawang. So that’s our happiness. ㅋㅋㅋㅋ
Keyakinan saya melesat dari 0,00000000% menjadi 1000000000000000000% HAHAHAHA.
Episode 18, Si Mas beneran bilang goodbye. Masih mengharap ada Twist? No no no, Game is over, war is over. Lovey dovey scene is coming. Suaminya udah jelas Taek! EonamTaek! EonamRyu hanya dalam angan-angan dan mimpimu. Udah 2016 masih aja mimpiin EonamRyu? Wake up ladies! Or should I give you a smack on your head? Pengen nyanyi untuk Si Mas, jalgayooooo ne sojung-an saraaaaaang.... Haengbokhaeso-yooo~ hihihi *sarkas tingkat planet Pluto*
Kita tinggalkan Si Mas dan pendukungnya yang masih gagal move on.

Otomame di Soompi memposting translate-an dari DC tentang kaitan Taek-Bora-Moosung dan Raja serta Deokseon-Sunwoo-Sunyoung dan seorang Ratu. Kamu gak harus percaya. Namanya juga usaha wkwk.

Taek-Bora-Moosung, karakter yang mewakili Raja
1.    Taek dan Moosung (ayahnya) datang dari Gimhae, Bonghwang-dong (makam Raja Suro terletak di Gimhae).
2.   Legenda kelahiran Raja Suro adalah Kujika-Turtle. Menurut legenda pendiri Geumgwang Gaya, Suro merupakan salah satu dari enam raja yang berasal dari telur yang turun dari langit dalam sebuah mangkuk besar terbungkus kain merah. Kujika merupakan doa dalam bentuk lagu yang dinyanyikan pada ritual yang dilakukan para Shaman/Dukun yang aslinya berasal dari Geumgwang/King Suro. Doa tersebut berisi tentang kura-kura dan kita ketahui bersama Kura-kura merupakan lambang umur panjang.
3.   Pada era Joseon, Raja-raja menggunakan kura-kura sebagai segel. Segel di era Joseon lebih banyak menggunakan kura-kura emas dan segel kerajaan menandakan keabsahan peraturan raja. Jadi inget Empress Ki T_______T
4.    Taek melamar Deokseon menggunakan kura-kura emas. HAHAHA. Untuk yang pertama kalinya saya ngeliat laki-laki ngelamar bukan pake cincin dan bunga.
5.    Toko Moosung dinamakan Bonghwangdang (Bonghwang = Phoenix = simbol untuk raja).
Simbol Phoenix
6.    Persamaan Bora dan Taek = merokok, bekas luka di kepala (emang Bora ada bekas lukanya ya? Kok aku gak inget?), dan scene ketika Sunwoo menutupi kaki telanjang Bora menggunakan selimut, scene berbeda juga menunjukkan Deokseon melakukan hal yang sama pada Taek saat Taek ke rumah Deokseon membawakan buah.
7.  Jungbong selalu bersikap hormat pada Taek dan Bora. Raja-raja kan selalu dihormati. Tapi Jungbong selalu hormat pada siapa pun sih, bahkan pada pacar sendiri dia masih menggunakan Jondaemal.
8. Purple/Ungu, merupakan warna untuk Bora. Warna ungu digunakan para raja-raja, warna bangsawan.
9.  Saat pengenalan karakter di episode 1 Deokseon menyebut Bora sebagai orang yang memiliki kekuasaan paling besar di keluarganya. Hanya raja yang punya kekuasaan semacam itu LOL.
10.  Film yang ditonton Taek dan Deokseon yang berakhir Taek tertidur di bahu Deokseon berjudul The Last Emperor. DAN HINGGA DETIK INI SAYA MASIH GAK NGERTI KENAPA TAEK NGAJAK DEOKSEON NONTON FILM BEGINIAN. Deokseon-nya ngikut aja. Hadeeoh, Taek-ah yang romantis dikit napaaaaah .
Pada makan malam bersama di Beijing di episode 19, ada gambar The Last Emperor di ruangan itu. Ketika kamera mengarah pada gambar The Last Emperor, nama Taek dipanggil.
Cheers to Master Choi’s consecutive wins!”
 SAYA UDAH NONTON ULANG DAN SPEECHLESS. . OMG SHIN PD AND LEE WOO JUNG-SSI YOU ARE SOOOO DETAIL . YOU ALREADY WON MY HEART.

Deokseon-Sunwoo-Sunyoung, karakter yang mewakili Ratu
1.   Ketiga karakter ini memiliki ‘Sun’. ‘Sun’ merupakan karakter nama yang paling banyak digunakan pada nama-nama Ratu.
2.    Arti nama Deokseon, berbudi luhur (Deok-i), sebuah kata yang paling sering digunakan merujuk pada ratu.
3.    Kesamaan Deokseon dan Sunwoo, lahir di tanggal dan tahun yang sama dan juga sama-sama pake gips. Deokseon gara-gara kesamber motor, Sunwoo gara-gara sok ngikutin dance pake kursi LOL.
4.    Simbol King Suro dan Queen Heo Hwang-Ok (istrinya) adalah ikan!
5.    Ketika Taek dan Deokseon pertama kali bertemu, Deokseon memberikan ikan gurame emas LOL
6.    Sunwoo memiliki gambar ikan di pintu kamarnya.
7.  Di China (episode 9), ketika Deokseon ke kamar Taek ada dekorasi bergambar ikan di ruangannya.
Ini enggak mungkin secara kebetulan Shin PD munculin  simbol ikan di mana-mana kan?
8.   Sunyoung menyukai Bungeoppang(kue kering berbentuk ikan). Bungeoppang sering muncul di beberapa scene di Reply 1988. Dan kalau diingat-ingat, hanya antara Taek, Deokseon, Moosung, Sunyoung dan Sunwoo.
9.    Di episode 19, Sunwoo membelikan Sunyoung Bungeoppang. =Bungeoppang mengingatkan saya pada Jio MBLAQ yang nyanyi di King of Mask Singet pake mask Bungeoppang .
10.    Ada mangkok ikan kosong di dalam rumah Sunyoung.
11.    Di episode 3 aktor Kim Suro jadi cameo, yang ngambil wiskinya Junghwan HAHAHA. Jauh-jauh hari emang udah ada firasat kalau Junghwan gak akan pernah bisa bersama Deokseon. Lucunya, Deokseon yang ngilangin wiskinya Junghwan.

Just for fun : Di episode 1, Taetiso-nya Ssangmundong lagi ngumpul bareng di bale depan lorong. Ngobrolin cem-macem berkisar isi rumah masing (suami dan anak-anak mereka). Sunyoung menyinggung Si Mas Pilot yang baru saja kehilangan sepatunya. Gak lama Si Mas Pilot nongol. Kalau kita di Indonesia, ucapan yang keluar saat orang yang sedang kita bicarakan tiba-tiba muncul biasanya kayak gini, “woi, panjang umur lo!”. Nah kalau di Korea, seperti ini “Looks like that kid can’t be a nobleman.”
Sunyoung mengucapkan ini bersamaan kemunculan Mas Pilot. Celetukan Sunyoung berkaitan dengan orang-orang Korea di jaman dulu. Hanya budak yang akan segera muncul jika namanya dipanggil, bangsawan tidak. #pukpuk masnya. Di saat Taek dilambangkan sebagai King... Mas Pilot gak pernah berbakat jadi bangsawan tapi.... BUKAN SAYA YANG BILANG, TAPI EMAKNYA SUNWOO! HAHAHAHA. Saya gak tau kenapa ini bisa bikin saya ngakak.
Mau tau alasan kenapa saya tidak pernah benar-benar yakin Deokseon dan Taek akan berakhir bersama di ending? Tak lain tak bukan karena teaser yang menunjukkan kelima sahabat dari Ssangmundong sedang berlari bersama-sama, satu-satunya yang tidak tersenyum/tertawa hanya Mas Pilot. Analisa dari tim tetangga semakin menambah kekhawatiran saya. Di akhir teaser Deokseon dan Mas-nya berlari sejajar, sedangkan Taek di belakang. Mana Si Mas-nya udah tersenyum. Akhirnya setiap kali ada momen bahagia Suntaek, ingatan saya pun otomatis melesat ke teaser itu .  
Saya sedih baca salah satu artikel yang menyebutkan kalau Hyeri menyalahkan aktinganya sendiri karena karakter Deokseon terlihat seperti Geumsappa (perempuan yang gampang jatuh cinta). Jahat banget kalau ada yang nyalahin akting Hyeri apalagi sampai nge-bash dia. Saya gak bisa ngebayangin aktris lain memerankan Deokseon. Malah sebelum nonton Reply 1988, saya gak familiar dengan Hyeri, cuman sebatas tau kalau dia salah satu member Girl’s Day, itu doang. Menurut saya, Deokseon bukannya gampang jatuh cinta. Di tahun 1988-1989 usianya masih sepantaran remaja, belum tamat SMA. Dia belum pernah punya pengalaman jatuh cinta dan dicintai—taunya lewat baca novel romantis. Wajar saja kalau dia penasaran bagaimana rasanya. Manakala temannya ngomporin tentang Sunwoo dan satunya lagi, dia ngikut-ngikut aja. Tapi apakah Deokseon pernah benar-benar menyukai keduanya? Jawabannya, nggak. Buktinya, setelah saat Deokseon masih bisa bersikap normal pada mereka. Tapi dengan Taek, Deokseon takut mengonfirmasi secara blak-blakan tentang apa yang terjadi di malam saat Taek menciumnya. Kenapa? Betapa pun inginnya Deokseon bertanya, ia takut akan ada jurang besar yang memisahkan diriya dan Taek dan Deokseon tidak bisa membayangkan bila itu benar-benar terjadi. Ia tidak ingin kehilangan Taek—delulu saya udah mantep belon? ㅋㅋㅋㅋ
Kenapa dengan Sunwoo dan mas satunya, Deokseon bisa blak-blakkan mengonfrontasi? Simple, karena posisi Taek dan dua lainnya berbeda.  Mau bukti? Obrolan Dong Ryong dan Deokseon di tangga. Dong Ryong nyuruh Deokseon milih antara Taek dan dirinya, Deokseon tanpa mikir panjang langsung menyebut nama Taek. Tiba saatnya nama Sunwoo dan mas satunya, Deokseon gak mau jawab. Masih banyak litte gesture yang menunjukkan eratnya hubungan Deokseon dan Taek bahkan tanpa disadari Deokseon. Salah satunya, ada scene yang menunjukkan Deokseon meletakkan potongan daging kecil di atas nasi Taek. Dia melakukannya dengan sangat natural. Taek selalu menjadi prioritas utama bagi Deokseon.
  Bonus  pics ikan di mana-mana kecuali rumah Si Mas LOL
 Rumah Deokseon
Rumah Taek/Meja untuk papan baduknya ada ukiran ikannya
Tugu peringatan King Suro, ada ikan dan kura-kuranya
Jauh sebelumnya Taek sudah memberikan penghormatan resmi pada calon ayah mertuanya HAHAHA
Di grup LINE Suntaek bertebaran pics kodok, di sini bertebaran foto ikan xD
Anyway, bye~ing!
P.s : Enggak boleh nulis komen yang gak sopan ya ^^
Credit : 1 2 3

82 comments:

  1. wahhh sama mbak aku juga masih belum move on apalagi tdi habis baca komentar ttg reply 1988 diblog kshowsubindo *yg lebih universalnya*
    nah disana ada komentar yg bilang sebenarnya duksun udh mikirin taek dari pemilihan sarung tangan pinku itu.. walaupun sempat mikir makai yg mana tpi duksun pilihnya sarung tangan dari taek.. dan itu membuat ku semakin tambah ngeship..

    dan juga aku salut sama postingan mbak detail banget aku aja nggak ngehh loh apa itu kura2 dan ikan.. salut deh buat SWnim dan PDnim jago banget.. dan buat mbaknya yg udh posting tulisan ini.. jadi semakin-semakin tau..

    kalau dibilang kapan jadi suntaek itu waktu adegan taek meluk duksun yg antri dikamar itu.. kok aku berasa wahhh hatiku dagdigdug liatnya sampai kuulang2 liat senyum sumringah terbesarnya.. dan waktu duksun nyaranin nembak cew pas salju pertama turun ke sunwo kita gak diliatinlan ekpresinya taek gimana.. cuma mas pilot yg langsung galau.. ee tetiba di ending ep 6 seepp taek dgn tegas ngajak duksun nonton dan berdua wahhh.. aku makin shipperin mereka.

    cuma ya itu, aku sempat ragu-ragu bahkan meakipun aku berharap suaminya duksun..karena aku baca blog sebelah dan referensi ku dikit jadinya semakin membuat ragu-ragu meskipun scene yg paling ku tunggu2 itu adegan suntaek haha karena gemes gimna gitu..
    hahaha

    wahh kalau ngomongin reply1988 itu emang gak habisnya.. tdi mau komen banyak tpi lupa mau ngemeng apa..
    makasaih loh mbak postingannya pokoknya Jjang dehh buat mbak dan team taem.. hihi

    ReplyDelete
  2. cuma bisa prihatin dan merasa sedih sama kebanyakan orang-orang yang menjudge karakter deok sun plin-plan yang menganggap karakter deok sun plin-plan = belum bisa menyelami dan mempelajari karakter deok sun sedalam-dalamnya itu aja sih intinya,atau mungkin nonton dramanya kurang teliti karna nonton drama ini butuh ketelitian tingkat tinggi,

    kasus mas pilot dan sun woo = naksir ala anak remaja labil kebanyakan durasinya hanya bertahan sebentar (paling singkat 2 minggu paling lama 2 bulan habis itu balik waras kaya biasanya)

    kasus taek = rasa suka yang terlalu lama mengendap dalam jiwa tapi terhalang tembok besar bernama persahabatan,daripada harus mengkonfirmasi bagaimana perasaan taek untuknya seperti 2 kasus diatas deok sun lebih memilih untuk diam selama bertahun-tahun deok sun takut dia salah lagi deok sun takut dia cuma kegeeran deok sun takut kalau dia mengatakan dream kiss bukanlah mimpi itu bisa saja menyebabkan jarak antara hubungannya dengan taek dia takut taek menjauh karna tragedi di episode 17 itu makanya dia lebih memilih hidup dalam peribahasa "diam adalah emas" dari tahun 1989-1994 dan sejak tragedi itu deok sun memilih untuk menyukai dan mengagumi taek dalam diam,aku merasa deok sun pasti menjalani waktu yg sulit setelah dream kiss dia suka taek tapi disaat bersamaan tak bisa menunjukkan perasaan sukanya terang-terangan karna status persahabatan mereka,dia merasa gugup dan berdebar saat taek didekatnya tapi lagi-lagi harus berusaha keras bersikap seperti dia yang biasanya didepan taek saking frustasinya dia makanya dia sampai gonta-ganti pacar tapi meski dia pacaran sama cowo lain sekalipun dihatinya selalu ada taek dia pacaran sama cowo lain cuma sbg pelarian belaka,di episode 18 waktu ada berita dikoran soal artis yang bilang kalo taek adalah tipe idealnya sebenarnya deok sun setengah mati cemburu dan untuk menyembunyikan rasa cemburunya dia memilih jalan dengan cara menertawakan taek yg tak bisa mengikat tali sepatunya,dari episode 7 aja udah keliatan gimana berbinarnya mata deok sun waktu ngeliat taek,waktu episode 7 aku sudah merasa aneh dengan bagaimana cara deok sun menatap taek tapi lagi-lagi daripada harus memilih kepedean akut aku lebih memilih untuk bersikap pesimis dengan mengatakan dalam hati "nisa barangkali kamu salah baca mikro ekspresinya deok sun" dan ternyata faktanya aku ga pernah salah,

    haha iya itu teasernya sebagian dari jebakan betmen juga ga sih ya dan lucunya teori teaser itu ga terbukti sampai akhir,terkadang aku ngerasa lucu sendiri lho sama tim sebelah yang dalam hitungan detik bisa bikin teori-teori aneh yg mirisnya ga ada satupun yg bener yg paling bikin aku ngakak itu waktu mereka bikin teori hajima kata mereka habis kejadian "hajima" ada kissing scene dan faktanya nihil terus teori lambang air force teori dalam mobil teori diari sama teori lukisan kucing dan anjing dan soal komix itu juga taek itu sebenernya otaku yg hobi ngoleksi komix jadi si mas pilotpun minjem komixnya di taek beberapa dan uniknya mereka menyalahartikannya sendiri

    aku terkagum-kagum lho ka waktu baca teorinya otomane di soompi yang kemudian dibahas yg lain di line 2 rius aku ngakak beneran ngebacanya seolah-olah tu kaya aku nonton drama youth family sekaligus drama saeguk di waktu bersamaan haha

    peran geng sangmundong kalo diterjemahkan dalam zaman kerajaan :
    Taek = Raja
    Deok sun = Ratu
    Sun woo = Kakak tiri raja (taek)
    Bora = Kakak kandung ratu (deok sun)
    Dong ryong = Penasehat kerajaan yang selalu berada di sisi raja dan ratu

    dan terakhir mohon maaf jika saya harus mengatakan ini
    Mas Pilot = bagai Pengawal Kerajaan sejenis Won di drama moon the embracing the sun yang jatuh cinta kepada ratu kepunyaan raja.

    sekian

    ReplyDelete
  3. Wow. Makasih kak udah detail banget ngejelasinnya. Rasanya masih seru aja kalo bahas soal drama ini. Penulisnya emang beneran cerdas, baik itu soal karakter dan juga soal hint-nya.

    Aku jadi ngerasa gak enak pernah nganggep DS plin-plan. Yah, mungkin aku emang kurang mendalami karakter DS waktu itu. Aku terlalu fokus sama Taek, sama karakternya, sama kesehatannya, jadi aku lbh sering bahas Taek dengan temanku dibanding perkembangan loveline-nya dgn DS.

    Tujuan awalku nonton R88 emang karena Park Bogum, dan itu bikin aku jadi mikir 'Nonton ya nonton aja', tanpa prnah nyoba buat menyelami karakter lain. Tapi setelah baca tulisan" di sini, aku sadar kalo aku terlalu cuek. Mau gimana lagi, kadang aku masih trauma gara" R94.

    ReplyDelete
  4. @Sujan Kamu gak perlu ngerasa gak enak, Dek. Menonton itu semacam satu perjalanan dari awal ke akhir. Apa yang kamu rasakan sekarang bisa dibilang hasil terbaik yang kamu punya setelah menonton keseluruhan drama Reply 1988. Yang keliru itu kalau kamu masih ngotot nuduh ini-itu yang berkebalikan dengan fakta-fakta drama, istilah kerennya menolak percaya.

    Cinta gadis 18 tahun berbeda dengan gadis yang sudah berusia 25 tahun. Di Drama Reply 88 dan dunia nyata menurutku tidak jauh berbeda dari segi pemahaman dan sudut pandang. xD

    Aku juga trauma berat sama Chilbong ㅠ.ㅠ

    @Nisa Aku rada telat tau soal postingan Otomame dan obrolan di LINE, sibuuuuuuuk ㅠ.ㅠ
    Orang-orang yang masih nuduh Deokseon plin-plan bisa jadi karena mereka gak benar-benar menonton Reply 1988 secara utuh.

    ㅋㅋㅋㅋ K-netz kan ada yang becanda ya kenapa gak sekalian bikin Reply jaman Joseon, nah ini udah ada cuman disamarkan.

    @Ayu, Beneerrrrr ngomongin Reply 88 gak ada habisnya ㅋㅋㅋㅋ Kita terlalu terpengaruh sama super powernya tim tetangga yak. Gak papa, toh yang paling sabar dan tenang juga lah yang jadi 'pemenang' di akhir. Sebenarnya, lagi-lagi ini bukan 'pertandingan' ㅋㅋㅋ

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya mbak kadang penontonnya yg membuat ini pertandingam tanpa memperhatikan keseluruhan dramanya..

      ohh ya mbak bora bukan luka di kepala tpi yg dimata itu yg katanya dia suka tai lalat bora tpi duksun bilang itu bekas luka yg duksun kasih waktu bertengkar didekat matanya... eeh kalau diperhatikan luka yg ada sama bora dan taek itu semua ulah duksun yahh.. wahhh teorinya pass haha

      Delete
  5. Aku baru nyadar setelah baca ulang,masih mending si aku mendeskripsikan mas pilot sbg pengawal kepercayaan raja (taek) daripada si mamanya sun woo yg secara samar ngomong kalo si mas pilot itu "budak" ibu suri alias ibu sun woo terang-terangan bilang si mas pilot begitu,hati-hati mamanya sun woo ntar fansnya ngamuk lagi lho wahaha *just kidding*

    Si raja alias si taek bahkan ga pernah bikinin mie buat sangmundong geng yg ada si dong ryong sama mas pilot yg paling sering disuruh bikin mie secara taek kan raja masa raja bikin mie haha *asyik kalo nyambung-nyambungin reply sama teorinya otomame aku jadi ketawa terus*

    ReplyDelete
  6. Wow. Wow. WOW.
    Salut sama yg bisa nemuin hint2 tersebut. DAEBAK.
    Kalau dipikir2, teorinya Otomame ini masuk akal juga sih :3
    Makasih kak udh dijelasin disini, nyesal dulu tidak terlalu mendalami karakter2 di R88.

    Jujur saja, awal R88 sama sekali gak masuk list downloadan saya, efek kuciwa sama ending R94 :3
    Tp karena si Ujen hyung sering bahas di WA, jadilah download 2eps pertama.
    Dan baaammmmm... malah ketagihan buat ngikutin episode2 selanjutnya.

    Sekarang setelah R88 tamat, saya cuma ngikutin Cheese In The Trap, Moorim School, dan Signal.
    Signal satu2nya drama yg bikin saya paling gak sabar nungguin minggu depan buat lihat episode berikutnya setelah R88.
    CITT dan Moorim School masih bisa sabar nungguin next episodenya, tp Signal benar2 bikin penasaran.
    Padahal banyak yg bilang Signal dramanya berat, tp kalau sudah biasa ngikutin drama genre begini sih gak masalah. *elah malah OOT*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiiii sama-sama, kamu suka genre kayak Signal? Ini salah satu genre favoritku. Aku suka nonton drama/film yang ngajak mikir, gak ada romance pun gak masalah.

      Delete
    2. Siiippp... toss Kak :3
      Aku suka genre2 seperti ini walaupun gak ada romance-nya. Pas Achiara Secret waktu itu aja saya masih tahan sampe ending, walaupun banyak yg bilang suramnya kelewatan :v

      Delete
  7. Selain ngefans reply 1988 beserta cast nya dan beserta SUNTAEK.... aku jadi ngefans sama MBAK!!! heheh 😆 aku nyesel(kayaknya telat baru jatuh cinta sama drama ini sekarang) tapi aku bahagia juga karna tidak mengalami masa masa "drama on going".. fyi sampe 2 hari berturut2 tidur subuh karena penasaran tiap episodnya.
    Makasih mbak penjelasan detail diatas nambah wawasan banget dan makin jatuh cinta sama uri taekkie~~
    (Berhubung temen2 aku ngeshipnya bukan taek tapi si mas itu :( )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi maluuu *tutup muka*

      Makasih, Dinda ^^
      Widiiiiih, baguslah kamu gak ngikutin dramanya pas on going. Bisa stresssssss tiap pekannya ㅠ.ㅠ
      Apa-apa yang dikerjain gak bisa konsen.

      Delete
  8. wow daebak.. postingan kakak langsung bikin aku ketawa bahagia karena ngebahas 'hidden meta scene' yang tidak bisa dipahami oleh penonton dengan 'otak blank'.. percaya enggak percaya tiap hari aku selalu baca dan nongkrongin analisis 'hidden meta joke' di suntaek shipper soompi sama nungguin tulisan kakak di majimak sarang..hehe.. bener2 salut dan takjub sekali sama CSI team yang bisa 'mengkuliti' habis 'meta scene' yg ada di setiap episode..
    kalau ditanya kapan dan bagaimana kamu memutuskan jadi suntaek shipper? jawaban aku ada di scene manito episode 7, saat itu aku langsung yakin 50% taek adalah suami deoksun. gimana enggak?saat melihat scene deoksun nungguin taek pulang bagi aku itu seperti adegan seorang istri nungguin suaminya pulang..hehe dan ketika taek berlari untuk mengklarifikasi bahwa dia-lah sang manito dan meminta maaf atas kesalahpahaman yang terjadi, wah wah wah semakin membuat yakin prediksi aku bahwa choi taek is the real husband.. adegan itu sangat 'simple' tapi bener2 'deep' dan 'memorable' sekali.. seiring dengan perjalanan episode ternyata clue2 nya semakin terang menjelaskan bahwa choi taek is the end game..
    Saya sangat sependapat dengan kakak bahwa Reply 1988 adalah script terbaik yang saya kagumi sepanjang saya mengikuti drama korea..
    terima kasih kak sudah membuat postingan tentang Reply 1988. ditunggu postingan2 briliant dari kakak..hehe
    sukses selalu untuk kakak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taek adalah suami Deokseon sejak awal, kita terlalu takut di-php in ㅠ.ㅠ

      Tritnya ditutuuuuup ㅠ.ㅠ

      Makasih, Sharfina. Sukses untukmu jugaaa ^^

      Delete
  9. kapan dan bagaimana kamu memutuskan jadi suntaek shipper? kalau aku kapan tepatnya itu waktu episode 7 juga kaya sharpina diatas hehe

    kenapa di episode 7? ada adegan taek nelpon deok sun di episode 7 dan aku ngerasa anehnya itu sama reaksi berlebihannya deok sun waktu nerima telpon taek,kalo kata temen-temen di forum idws sih reaksi berlebihan deok sun waktu nerima telpon taek itu wajar-wajar aja karna temen-temen deok sun nganggep taek adalah harta karun berharganya komplek mereka,tapi menurut aku pribadi sendiri reaksi deok sun itu terlalu aneh dan berlebihan kesannya dan oke aku mulai curigalah disana meski belum yakin sepenuhnya lalu kemudian adegan berlanjut ke deok sun yang bela-belain nunggu taek pulang cuma demi buat mastiin taek adalah manittonya beserta ekspresi leganya waktu dia tau kalo taek manittonya+senyuman dan tatapan mata taek waktu natap deok sun oke disitu hatiku udah mulai meleleh setengahnya dikuat-kuatin biar ga meleleh seluruhnya karna efek trauma reply 94 disitu aku juga mulai mikir taekkie kamu bisa berpotensi jadi the next chilbong lho kalo begini ceritanya,aku udah mulai makin tambah baper tuh waktu nonton episode 7 kebaperanku dimulai dari episode 6 gebrakan telpon tiba-tiba dimalam bersalju dan berlanjut di episode 7 dari episode 7 jugalah aku nontonnya bela-belain streaming online dengan penuh perjuangan yg laggingnya itu lho rasanya pengen lempar-lempar plus gigit-gigit bantal T.T

    dari episode 7 aku ada kepikiran buat jadi suntaek shipper tapi masih ragu gegara takut patah hati lagi dan kemudian akhirnya terbitlah adegan di episode 8 sewaktu taek senyum lebar sambil ngelus-ngelus kepalanya deok sun dengan senyuman manisnya yg bahkan lebih manis dari madu yg paling manis dengan tatapan matanya yang kesannya sayang banget gitu sama deok sun dan oke oke udah hatiku beneran meleleh kaya es krim waktu liat adegan itu udah ga kuat lagi udah nyerah ga tahan lagi dan akupun mendeklarasikan diri sebagai suntaek shipper karna kejadian super manis di episode 8 didepan pusat pelatihan baduk kataku dalam hati biarin deh biar kata tenggelampun aku pasti akan tenggelam dengan bahagia demi mendukung manusia seunyu dan semanis choi taek aku rela meski harus nabrak gunung es dilautan atlantik,percaya ga percaya aku dalam hati nangis lho sambil gigit-gigit jari waktu mendeklarasikan diri jadi suntaek shipper di episode 8 saking pesimisnya aku ketika itu,dan aku bener-bener ga nyangka akhirnya mereka bisa bersatu ini diluar ekspektasiku sesudah nonton episode 19 aku bahkan masih ga bisa percaya kalo kenyataannya taek suami deok sun aku mikirnya ini pasti mimpikan mimpi yg paling indah sepanjang tahun 2015 dan ternyata itu nyata *terharu*

    itu ceritaku apa ceritamu?
    sekian~

    ReplyDelete
  10. menurut mbak dan teman2 gimana? kok aku ngerasa kayaknya bo gum sedih liat orang2 ngejudge karakter choi taek

    " "Saat aku memikirkan Taek, aku jadi sedih," ungkap Bo Gum dalam wawancaranya bersama majalah bnt. "Aku ingin memberitahunya bahwa dia sudah melakukan semuanya dengan baik. Kuharap dia akan diingat terus oleh semua orang."

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya aku juga ngerasa gitu bogum kaya kesian gitu sama karakternya sendiri sama kaya hyeri yg merasa bersalah karna orang-orang menjudge karakter deok sun plin-plan ini kok mereka jadi senasib gini ya kesannya jadi kaya merasa kasian dan bersalah gitu sama karakter mereka masing-masing kok mereka jadi kompakan gitu ya apa mungkin karna mereka udah mulai sehati? *delulu active mode on*

      paling sedih itu waktu hyeri bilang di interview "kalian boleh membenci hyeri tapi jangan menyalahkan karakter deok sun maafkanlah diriku yg tak bisa membawakan peran deok sun dengan lebih baik hingga kalian salah paham seperti ini" apa ya kesan sedihnya hyeri itu lho tersampaikan banget di aku,

      Kita akan selalu mengenang choi taek sebagai memori paling indah dalam kenangan kita tapi tim sebelah sebaliknya *uhuk uhuk* sepanjang hidup mereka akan selalu mengenang choi taek sebagai mimpi terburuk dalam kenangan mereka akan drama ini seseorang bernama choi taek orang jahat yang merusak kebahagiaan dan impian indah mereka selama 18 episode sekaligus sebagai orang yang mereka anggap sebagai perampas kebahagiaan karakter kesayangan mereka,

      terus saya harus peduli gitu?
      I dont care I dont care *muter lagu 2ne1*

      Delete
    2. Ada interview gni yaa:(
      Karakter choi taek jarang ada. Aku seneng krn menemukan karakter yg "segar". Aku enggak tau siapa lg aktor yg cocok peranin choi taek, park bo gum bicara dengan matanya *aq ngerasain ini dr peran remember you n naeil's* kaget akhirnya peran choi taek bawa dy naik puncak.
      Disayangkan jg pgb punya haters krn peran choi taek di judge buruk o/ bbrapa orang:(

      Delete
    3. Iya de bukan cuma park bogum tapi hyeri juga merasa bersalah karna karakternya dianggap plin-plan gegara tim *diharamkan namanya disebut disini* itu lho de :(

      Tau ah kk pribadi sekarang lebih milih i dont care aja sama kata mereka cape hati dengernya apalagi waktu mereka dengan segitu ngototnya bilang kita-kita ini suka park bo gum karna tampangnya doang *apaan banget deh ini nuduh tanpa bukti yg jelas kaya biasanya mereka*

      ade,ini kk ada cerita unik lho jadi salah 1 tim *sensor* itu punya temen yg pengen minta file reply 1988 terus mereka kasih aja tu sama temen yg mau minta file itu terus-terus abis filenya dikasih mereka minta pendapat temen mereka itu katanya mereka gini ke temen yg udah dikasih file dramanya itu "gimana endingnya" terus temennya ngejawab "aku suka dia ganteng aku tim taek" ngedenger jawaban temen mereka semodel itu akhirnya berujung ngamuk-ngamuklah mereka sama temennya itu terus ngata-ngatain semua tim taek itu jadi tim taek karna wajah tampan park bo gum --

      Jadi kesimpulan cerita diatas adalah saking terobsesinya mereka sama karakter mas pilot mereka maksain semua orang harus suka mas pilot pokoknya yg ga suka mas pilot berarti mereka pihak yg salah gitu lho de ceritanya terus selain mereka nuduh penulis ngubah skrip dan bikin bad ending mereka juga akhir-akhir terlihat kaya terintimidasi gitu de sama ketampanan park bo gum gegara idola mereka tak serupawan park bo gum mereka jadi benci park bo gum gitu de sejenis iri gitulah kan konyol haha

      Delete
    4. Walah ada bgini juga toh hehehee
      Kmrin2 aku ngasi file nya ke temen2 yg ngk pernah nnton reply, tanggapan mereka mas pilot terlalu banyak buang kesempatan. Temen2ku kecewa krn kenyataannya mreka sperti mas pilot n pengen akhir yg beda *bahagia* u/ mas pilot, cuma karakter taek trlalu brharga jg kalo hanya 2nd male. *aq gt sih dulu kak sifatnya mas pilot ngena di aku, bedanya taek menggerakan hatiku perlahan... Entah caranya gmn, dari pas salju trun pertama kali, taek beda.*
      Kk ku yg nnton drama ini jg blg semakin di simak dramanya, karakter taek semakin kuat dan berkembang. *ah tambah sayang kakak ku:3*
      Hahaa dpikir2 lg, udh berapa kali yaa aku re-run drama ini. Dlu it's okay that's love smpek bbrapa kali re-run. Skrg malah lebih heboh, smpek tinggalkan jejak di blog gini >.<

      Nb: aku takut bahas2 gni kak:( takut sm team mas pilot, mereka punya pov brbeda n brtolak belakang dr suntaek
      Aku minta maaf kalau ada kata2 yg menyinggung. Semua jejak2 yg aku tinggalkan dsni brdasarkan semua org berhak brbicara n brpendapat.

      Delete
    5. kaka-kata sasi baik-baik aja kok ga ada yg menyinggung mungkin akunya aja yg lebay bahas soal mereka lagi habis mereka ngeselin sih tapi yaudahlah emang dari sananya begitu,

      bener apa kata sasi Pov mereka berbeda dengan pov kita :)

      Delete
    6. Menurutku yang bikin Bogum bukan karena judge dari orang-orang pada Taek--lebih kepada karakter Taek sendiri yang jika dilihat dari sisi lain, sangat menyedihkan. Ia memulai baduk dari usia dini, Taek tumbuh dan dewasa lebih cepat dari anak-anak seusianya. Jika tak ada Ssangmundong, karakter Taek sangat mengenaskan--lebih dari karakter Mas Pilot.

      Bogum menghargai Taek sebagai karakter.

      Delete
  11. Masih susah move on dari reply 1988 masih suka rerun..laagi dan lagi..first comment..silent reader..ditunggu artikel selanjtnya..yang masih tentang..suntaek..

    ReplyDelete
  12. Aku jatuh cinta sama bogum stelah nonton remember me sumpah bukan cuma ganteng tp skill acting nya juga bagus apalagi dia salah satu aktor yg ga ngelakuin oplas udah jarang bgt kayanya di korea yg masih originil haha.. dulu di mt soompi sempet beberapa orang meragukan ke orisinilan park bo gum tapi bnyak bgt bukti foto foto pra debut nya pgb yg menjawab itu semua haha pertahankan keorisinilan mukamu itu yah dek,karna terlalu suka sama pgb aku start nonton reply 88 ini ketika reply di tayangin di korea sudah memasuki ep 11 karna takut kecewa tapi setelah kepoin selalu page youtubenya tvn dan jreeeeeng ep 9 beach scene ep 10 pgb mengakui kalo suka doeksun dan ep 11 adegan taek nunggu doeksun di luar toilet membuat saya merasa yakin kalo endgame nya adalah taek walaupun memang perjalanan ep 12-20 aku galauu bgt karna masih ada kemungkinan 1% taek bukan endgame tapi akhirnya waktu menjawab itu semua taektanic sungguh tidak kandas di terjang ombak dan gunung es ^____^

    ReplyDelete
  13. @nisa dan sasi aku setuju banget sama kalian.. padahal hyeri dan PBG udh nampilin yg terbaik gk kebayang deh yg meranin artis lain.. dan sedih sih ngena bgt diakunya rasanya mau bilang *klo choi taek itu karakter terbaik yg pernah aku temukan sepanjang nonton drama, karakter unik dan aku akan selalu mengingat Choi taek*

    cuma aku masih gk suka orang ngejudge karakter choi taek ataupun duksun mereka udh berikan yg terbaik.. begitu pun karakter yg lainnya..

    au ahh yg penting Choi taek adalh karakter hebat *bodo wae lah apa kata orang.. mereka hanya gagal paham *upps sowreyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ayu,
      bagi kita choi taek adalah karakter terbaik cukup percayai itu ^^

      aku cuma mau bilang ke mereka sambil natap mata mereka dalam-dalam terus ngomong gini "biarlah kita memang berbeda adanya saya hidup di planet venus dan anda hidup di planet pluto".

      Delete
  14. nisa iya nisa setuju banget..ini hanya masalah selera dan kesukaan masing2 orang saja.. kita kan juga gk bisa maksa buat orang dibumi ini suka choi taek ya kan.. begitupun team sebelah gk bisa juga untuk membuat orgdi bumi menyukai si mas itu..*seandainya aja fans masnya gk ngotot kupikir fans PBG juga gak ngotot* hahaha tpi yaudahlahh..lebih baik kita tinggalkan saja team mas itu beserta fansnya.. kita tetap PBG si choi taek karena kita menyukainya apaadanya begitupun team sebelah tanpa mengejudge karakter2 reply 1988 kasian artisnya dia udh berikan yg terbaik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saling menghargai perbedaan masing-masing aja kalau mereka tetap ga mau menghargai kita dan tetap ngotot sama keyakinan mereka bla bla bla itu yaudahlah itu hak mereka sama dengan apa yg kita rasakan terhadap mas pilot jadinya impas ibaratnya begini bahasanya "timku adalah timku timmu adalah timmu" haha *apaan coba ini*

      Delete
  15. iya nisa haha.. eh udh baca belum kalau infinity challange di kritik sama fans mas itu sumpah bikin ngakak.. "Yang paling lucu mereka sampai menuduh kru 'Infinity Challenge' adalah tim Taek dan menyuruh minta maaf pada Jun Yeol," tambah netter lain." haha aku baca ngakak sumpah.. *ni siapa yg bocah coba*

    untung aja banyak netter disana yg lebih pro ke infinity challange..

    sumpah pas baca artikelnya terus liat kutipan yg dri netter itu aku ngakak sendiri..
    weleh-weleh hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku belum tau,
      emang ada kejadian apa di infinity challenge? yg si mas pilot dibandingin sama bobby ikon itu bukan kalo ga salah iya ga sih

      haha aku ketawa aja deh bisa apa aku selain ketawa sambil ngelus-ngelus dada tiap liat tingkah mereka~

      Delete
  16. Hahahahhahaha toossss aku juga wkwkwkwk guling2 senyum ngakak gak.jelas,, efek kelamaan jomblo hahahahha ,,,,
    Hmmmm setelah nnton reply 1988 ini jadi gada semangat mau nnton drama apapun, ada pun udah download blom dibuka malah kuhapus lagi,, semacam buang2 kuota,,, temen2 udah heboh sma drama lain ,, aku malah gatau efek blom mupon atau apa malah brsa dataaarrrrrr nntonnya,, hikssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jomblo detected! ㅋㅋㅋ
      Samaaa, aku cuman ngikutin Signal.

      Delete
  17. Smpe hari ini postingan di fb maupun IG masih seputar R88 dan pict2nya Bogum wkwkwkwkw aku udha rerun entah keberapa kali,, abisan bingung mau nnton apa lgi brsa datarrr

    ReplyDelete
  18. Anneyong chingudeul....big hug from me o mb.azz and crew taektanium...sayang banget baru menemukan blog ini stlh usai drama kalo pas airing kan aku bs dg frontal brsma mb.azz n nisa membela suntaek dg gaya bora kayak org lg demonstrasi...hehehe...(semalem jm23 bru nemu dan excited baca smpe jm 2pagi sambil comment2 d artikel)
    gegara efek tetangga sebelah aku gk pernah ngikutin blog indo abis banyak tim mas itu(hahahaha aku suka banget mb.azz pake nama tim mas itu scra aku yg dulunya biasa aja sm mas itu jadi antipati gegara jwbn interviewnya yg gk profesional banget mungkin dia baper soalnya fansnya childish semua sih berbanding dg urii goguma yg super dewasa jawabannya dan yg plg tg dia sllu memberi penghargaan tertinggi dan rasa terima kasih terhadap penulis...sumpah salut banget sm dongsaeng satu ini...culik bogim masukin ke guling biar bs d peluk waktu bobok...langsung dikejer mb.azz kali ya aku nyulik bogum...piss

    Sm kayak kalian smpe detik ini aku bs move on dan sllu rerun r88...kayaknya udah smpe 4-5x smpe temenq blg blm selesai2 jg ntnnya...jadi malu sya kyk org gk waras ntn itu terus....tp mau gmn lagi msh blm interest untuk ntn drama lain...efek ni drama yg msh melekat di hati karena whole packaged atau sy yg terlalu lebayy yaa...untung banyak partner lebay saya disini gk cm satu tp banyak....mmg bnr kata mb.azz karena pikiran qt yg satu level warasnya jd bca tulisan d log ini sm aja baca pemikiran yg ada d otak saya...100 thumbs kalo ada d jari aku bwrikan untukmu mbak....aku blm bsa move on karena skrg standarq untuk ntn drama jd tinggi...drama ini terlalu real...jd awal ntn mmg kecewa karena msh kebawa suasana drama khayalan yg biasa ada d kdramaland dan skrg aku malah kebalikannya...ssh untuk masuk k drama yg terlalu mainstream jalan ceritanya dan penuh khayalan ekpekstasi berlebihan(ups kalo jatoh sakit banget lo rasanya...ati2 bisa ilang kewarasan pemirsaahhh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget tooos ^__^ dulu sampe search google cari blog yg bahas reply 1988 ketemu sih bnyak tapi hampir semua teamnya si mas, ga berani nimbrung di komentarnya nanti yg ada di keroyok hehe... bersyukur banget ketemu blog nya majimak sarang bisa melepaskan unek unek yg terpendam big hug :* ^____^

      Delete
    2. Big huuuuug... Mbak Isna dan Mbak Abby makaasiiih ㅠ.ㅠ

      Delete
  19. Comment part II... ternyata kepanjangan commentq

    Spt d taeksun paradise d soompi dan mb.azz tanya kpn yakin taek jd suami???
    Sbrnya keyakinan 100% adalah saat dream kiss aku yakin banget itu bkn mimpi...scene terlalu indah sangat disayangkan hanya sekedar mimpi...lagian di reply series sebelumnya yg dpt ciuman prtm akan jd hubby ini keyakinanq..shiwon yoonjae waktu d sekolah...oppa najung bite dog kiss...aku udah koar2 d fb kalo ini udah berakhir untuk hunt husband tp temenq yg ssma team taek yg msh baper chilbongie msh blm yakin smpe bnr2 official taek hubby nyaa...gk bs maksa jg sih abis kalo bkn kan sakitnya tu disini...tp qt sbg timlowexpect gk akan smpe hilang kewarasannya(aku suka istilah yg d bwa mb.azz "waras" fav banget guling ngakak2 liat kata itu)
    Tapi ending epi 6 bnr2 menghentak dg backsound suara lee mon sae yg blg "jgn bersedih untuk km yg betepuk sblh tangan (merujuk k ds banget yg lagi nangis) mungkin ada yg skrg sedang menyukaimu atau mungkin dia sudah menyukaimu dr lama cm km aja yg gk sadar" trus si taek telpon...nah lo ini maksudnya taek gitu yg suka lm sm ds...aku msh blm bs percaya...masa sih penulis kasih clue segamblang ini..ini msh epi awal loo..penulis becanda ah pikirq....na sm kayak mb.azz knp sih aku gk bsa yakin jelas2 penulis udah kasih clue segamblang itu knp km sulit yakin??? Teaser yg mrk lari berlima itu d ceritakan oleh tetangga sblh dg seyakin mungkin bahwa mas itu ygbbakal end game karena terakhir dia yg sejajar ds....kampret bgt lah aku baca review teaser itu jd tiap ada adegan penting taek ds aku kepikiran teaser kampret itu....bnr2 mengubah suasana ntn waktu itu....coba kalo aku gk bc review itu mungkin aku akan dg bangga dan frontal jd suntaek shipper....
    ep6 adalh awal pemikran muncul taek sbg hubby....tp sedari epi 2 aku udah keganggu dg ortu ds yg unya impian taek sbg suami ds....msh inget dong emak ds pgn taek nikahin ds...n appa ds dg banngga menyambut taek dtg dg kata2 slmt datang menantuq...ini sebenarnya udah apa coba msh d awal banget n clue udah ada...masa sih pikirq....dan aku kebawa scene r94 pas appa najung jg berharap chilbong jd suami najung kan....aku jd baper dan menolak hint dr penuliss...takut tenggelam dan hilang waras...

    ReplyDelete
  20. So mmg bnr sih kata penulis yg gk menitikberatkan dg husband hunt dan lbh k tema keluarga toh dia udah ksh tau dr awal taek adl husband...diepi1 cm nama taek. yg pake titik simbol untuk raja...cm mmg qt baper dg media kampret yg gembor2 ttg husband hunt n trademark reply kan ttg husbant hunt jd wajar kita baper banget ntnnya...

    Overall aku enjoy banget ngikutin drama ini pas airing sedari awal up down mood bnr2 berasa...mna aku jd tim minoritas jd sedih banget gk ada yg posting ttg taeksun(telat bannget baru nemu blog mb.azz)...ini drama mmg top banget...drama ini mmg sempurna banget menurutq gk cm soal cinta2an semata dan terlalu banyak khayalan dan ekspektasi....ceritanya yg real bannnget ttg cinta keluarga,cinta pertemanan,cinta tetanggaan(mengutip kata2 temanq) yg buat drama ini luar biasa perfect ....drama yg menghangatkan dan banyak pesan yg bs diambil(ini menurutq yg paling ptg drama itu harus bisa membuat kita mendapat efek positif stlh selesai menonton)......aku sungguh sungguh sungguh kasian dg tim tetangga sebelah yg melewatkan drama dg very high quality hanya karena perasaan bias dan childish...hello km bru saja melewatkan drama terbaik sepanjang masa.....saya turut berduka cita sedalam dalamnyaaa....dg senyum super duper sinis....

    Maap ya nulisnya pjg banget....ini akumulasi curhatan aku yg menggunung karena gk ada tempat untuk kaum minoritas kmrn2....makasih banget mb.azz udah jd taeksun shipper juga jadi qt bsa sebebas bebasnya menulis apa yg qt rasakan slm ini mjd teamlowexpect....

    Aku mendeklarasikan sbgai pgmr berat blog mb.azz.....love you blog so much much much much#dg gaya bastian....aku sng banget kalo mb.azz bersedia bahas artikel ttg bogum...aku ngefans banget sm bocah ini...nunaa love you so much goguma....

    Credit buat nisa yg sedari awal anggota pertama taeksun yg sllu ada d blog mb.azz.....kamu luar biasaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih jadi terharu T.T
      waktu awal-awal ga serame ini waktu awal-awal berasanya cuma aku sama ka azzhura yang saling ngomong berdua di blog ini eh akhirnya jadi serame ini sekarang bener-bener terharu. .

      apapun itu salam kenal :)

      Delete
    2. Iya sayang banget makanya aku baru gabung...kmrn2 jg rasanya gemes bannget pgn mencurahkan isi hati namun gk ada tempat menampung...blog mb.azz mmg tempat yg tepat...spt kmr taek

      Btw telat banget aku blsnya....salam kenal jg ya nisa

      Delete
  21. Aku yg masihbon fire mau bagi video suntaek....ijin share ya mb.azz

    https://youtu.be/n729NsARyvI

    Masih inget kan d episode 3 waktu ds mau ada acr trip sekolah....adegan dia dan teman2 nyanyi lagu nothing gonna change my love for you....na sblm dia nyanyi kan scene pas sblm itu adlh taek lagi mandangin kertas pemberitahuan acara trip sekolah(disini aku sedih liat dia mandangin kertas itu...hiks kasian dia gk bs ngerasain jd remaja sekolah normal) ...na stlh itu bru msuk adegan nyanyi deoksun....menurut para seaupuh csi d soompi lagu itu scra gk langsung d nyanyiin ds buat taek...nothing gonna change my love for you...walau dia ada adegan intim sm si mas itu dia gk tergerak sm sekali hatinya untuk mas itu...tenang bang taek gk usah sedih gk bs menikmati momen anak sekolahan sm ds...hati ds tak kan tergoyahkan untukmu...lagian km bs membuat kenangan2 indah d msa depan dengannyaaa....
    Video d atas menggambarkan dengan sempurna hubungan ds taek tth persahabatan n love story mrk slm 30th itu dan akan msh berlanjut tentunya...dan aku seneng banget di video ini jg nampilin future ds taek dimana kalo dilihat dr scene di video kompilasi ini mmg mrk meranin dg sempurna taek ds d ms depan...pas banget....jarang2 mv d utube yg munculin future ds taek ....ini video perfect banget menurutq scene dan lirik lagu sesuai banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooooo Mbak Abby!
      Kayaknya aku kenal propic-nya deh. Kayak pernah liat di trit Suntaek di Soompi :)

      Makasiiiiiih tak terhingga sudah hampir ke blog ini. Aku udah baca komen-komennya di belakang. Makasih banget, Mbak--gak tau mau bilang apalagi... ㅠ.ㅠ

      Jangan kapok komen di sini yah ^^

      Delete
    2. Yupppzzz,,,aku dpt video itu dr suntaek di soompi(sehari sebelum ditutup,,,hiksss,,,sedih banget,,nangis guling2) trus aku share di sini

      Yuppzz,,,ini blog fav aku,,,gak akan pernah bosan berkunjung,,,makasih udah luangin waktu untuk berkarya,,,aku tau pasti banyak waktu yg tersita,,,,semangat!!!!

      Delete
  22. Maaf ka baru sekarang coment sebenarnya udah sering baca postingan kaka tentang reply 88. Aku suka bgt sma postingan kaka krna punya kesamaan kya aku, aku jg lebih suka nonton drama yg realistis dibandingkan fantasy, sma sma suka bogum sejak i remember you. Salam kenal ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gratiaaa, apa kabar? Gak apa-apa telat komen, Tia ^^
      Makasih bangettt kamu udah mampir ke sini...

      Wah kita sama dong, aku juga mulai suka akting Bogum di IRY. Keren banget jadi psikopat. Kita aneh ya malah suka sama psikopat. Abis psikopatnya minta di-pukpuk banget siiiih *makin salah jalan* ㅋㅋㅋ

      Salam kenal, Tia ^^

      Delete
  23. Annyeonghaseyo.. Salam kenal Eonni-deul... Senang betul ketemu blog Indo yg pro-SunTaek^^ Kangen keluarga Ssangmundong tiap hari, kangen ngumpul di kamar Taek sm Eonni2 Detektif^^ Tapi sayang suntaek thread ditutup untuk yg kedua kalinya, kan akhir pekan ada jadwal rewatch ep4 >,< Padahal di tiap sesi rewatch pasti ada penemuan hint baru... u.u
    Selalu setuju dengan hampir semua penjelasan tentang "little hints here and there" dr eonni2 di teamTaek, coz masuk akal dan sesuai dgn jalan cerita+karakter yg dikembangkan dr awal. Walaupun masih ada pro-kontra tentang first love-nya Deoksun itu Sunwoo atau Taek dan kasus Coklat-nya Deoksun di ep2.. :3

    PS: Jadi penasaran Kakak(yg punya blog ini) pakai ID yg mana di soompi^^

    PS lagi: Kak, cname blog-nya jjang ;) majimaksarang^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Annyeonghaseyo.... um, namanya siapa? :))

      Iya tritnya ditutup ㅠ.ㅠ
      Aku ga bisa komen apa-apa mengenai tritnya, Itu hak momod. Sebagai Teamtaek aku sedih, soalnya hanya di sana tempat satu-satunya kita untuk leluasa sharing.

      ID ku di Soompi? Aku udah jarang komen di sana. Berkunjung pun belakangan ini makin jaraaaang karena sibuk ㅠ.ㅠ

      Kalo kamu buka page one trit suntaek kamu akan melihat namaku menulis komentar di sana ^^

      Delete
  24. Ya ampun kok bisa ditutup lagi??? Team tetangga yg ngelaporin ke moderator lagi apa??? Ini namanya pelanggaran hak asasi berkumpul dan melakukan analisis...wuaa...sabtu kan jadwal review ep4...pasti seru liat analiss tim csi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moderator soompi yang netral cape hati ka sama kedua tim yang berseteru padahal mah kita damai-damai aja tapi merekanya yg ga mau terima kekalahan sampai akhir dunia padahal sebelum-sebelumnya udah koar-koar mereka bakal terima siapapun yg dipilih deok sun eh nyatanya --

      nah karna moderator cape hati+pusing palanya akhirnya jalan tengahnya dia tutup kedua thread shipper reply 1988 di soompi tanpa batas waktu yang ditentukan,kan ada kejadian juga tu ka sebelumnya ada diceritain di post ka azzhura sebelumnya karna kejadian itu tim mas pilot ga terima dan mereka protes/report ke moderator berhubung moderatornya udah stres sendiri tu ka akhirnya si moderator mutusin buat nutup kedua thread biar adil,

      aku juga sebenernya sedih ka threadnya ditutup tapi ya mau gimana lagi mungkin itu cara terbaik untuk mengakhiri perang ini :(

      coba cek threadnya park bo gum di soompi ka barangkali orang-orang yang sering ada di threadnya taek-deok sun pada imigrasi ke threadnya park bo gum di soompi berhubung thread shipper yg resmi ditutup

      Delete
    2. Yuaaa....aku skrg maennya k thread park bogum....dan juga kita suntaek ada thread khusus sih..kmrn pas d tutup aku diundang untuk jd anggota..

      Dramanya udah berakhir msh blm waras juga mrk yaa...qt kan gk bahas macem2 d forum...apa salahnya qt bahas adegan2 yg ada d drama ya...payah bannget dehh...kalo iri dan sakit hati gak usah pake ngerusuhin forum org laen yaaa...nyebelin banget...wenyooollll

      Delete
    3. Waktu kejadian d tutup yg pertama kan fans si mas itu mgelaporin member taeksun katanya ngebully tim mrk...aih..apa gk kebalikan coba mrk yg sll menindas kita...kayaknya yg k2 ini mrk lapor lagi kalo ada bulliying lagi k moderator....

      Delete
  25. cuma bisa geleng2 sama tim itu.. padahal baru juga gabung disoompi sama baru gabung forum ee udh ditutup TT *sakitnya tuh dimana2 hikss
    sumpehh jdi gk respect deh jdinya bahkan liat masnya udh malas aishhh *efek kesel bertubi2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...pdhl dulu biasa aja sm dia...tp semenjak ngadain vapp sendiri yg mna isinya dia kcwa knp bkn dia suaminya aku jd illfeel banget...bukannya ngademin suasana dia nambah minyak tanah d kobaran api penggemarnya yg pada childish n psiko...

      Delete
  26. threadnya bener-bener ditutup selamanya :(
    yang bikin aku tambah sedih lagi adalah sang pemilik thread taek-deok sun di soompi itu pasti sedih banget karna thread yg sudah susah payah dibuatnya dan ada begitu banyak kenangan disana harus ditutup selamanya

    aku tau mereka benci sama endingnya tapi ini terlalu ga adil bagi kita apalagi bagi pembuat thread taek-deok sun di soompi yg udah susah payah bikin thread itu rasanya hampir aja ini air mata netes mikirin gimana perasaannya yg buat thread itu T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ko bisa di tutup selamanya? Perasaan kalo lihat thread nya taek doeksun normal normal aja pembahasan nya hanya sebatas bahas hint di setiap episodnya sediiih banget biasa nya tiap hari bolak balik sana T____T

      Delete
  27. @abby setujuuuu..*kan kita jadi sarkas kyk mereka* tpi apa boleh buat emg kesel gmna lgi..

    @nisa padahal baru nikmatin gabung disitu,berkumpul disitu sekarang tinggal kenangan sumpeh aihh!! huhu aku jadi bete sendiri kesel sendiri huaaa *Kesel Guehh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bgt aku sendiri sampe hilang kendali balas dendam kali yah haha tapi katanya kalo yg menang ga boleh ngeyel yg kalah aja boleh ngeyel hmmm apa kabar dulu yah sebelum endgame bnyak banget yg ngebash karakter taek apa aja yg di lakuin si taek salah dan yg dilakuin si masnya paling bner kayanya kita team minoritas harus ekstra sabar legowo ga boleh sombong ga boleh marah ga boleh ngeyel ga boleh seneng, sampe sampe terharu banget mba azz majimak sarang posting tulisan yg judulnya permintaan maaf salut sama mba nya... oke balik lagi baduk etiquette ^____^

      Delete
  28. ga mau ngomentarin soal tim mas pilot,
    lagi kebawa perasaan alias baper sendiri mikirin perasaan pemilik thread itu kita-kita yang disini aja sedih apalagi dia yg bikin thread sejak awal :(

    yg mulai perang mereka tapi kita yg kena imbasnya masalah tim taek ngelaporin mereka itupun aku liat itu memang pada dasarnya salah mereka kalo ga salah ngapain tim taek ngelaporin

    ~RIP TAEK'S ROOM : 7 Desember 2015 TO 10 Februari 2015~

    padahal baru bikin akun soompi senin tadi awalnya cuma mampir-mampir kesana dari dramanya airing sampai tamat buat baca-baca analisis mereka disana T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran ditutup selamanya nihh...sedih banget...aku msh berharap kyk kmrn cm 3hr aja ditutupnya...jgn slmnya dong...taek room is most heartwarm place's...jahat banget ya mrk...pasti mrk bahagia dg ketidakwarasannya liat thread suntaek ditutup....wenyoooolllll

      Delete
    2. ya begitulah adanya ka mau gimana lagi akunya juga sedih mereka pasti seneng tujuan mereka akhirnya tercapai T.T

      mari menghibur diri dengan youth over flower :)

      dan saking ga terimanya mereka sama endingnya mereka mendelakrasikan diri sbg shippernya mas pilot-bogum terus bikin fanfik ala-ala mereka sendiri kan odong makin miris aku ngeliatnya semoga mereka cepet sembuh aja ya ka atau ga pernah sembuh sama sekali wahaha

      Delete
  29. Happy newsnya = bogum akan menghadiri fansign reply 1988 besok alhamdulillah yah doa tim mas pilot yg kepengen bogum ga dateng di fansign reply 1988 besok biar si mas pilot punya banyak momen berduaan bareng hyeri ga terkabul haha

    oh iya bagi yg punya aplikasi V-apps di ponselnya jangan lupa nonton press conferencenya youth over flower sangmundong geng tanggal 18 februari jam 1~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku berharap oppa gk dtg aja(ups..oppa....scra dia lbh muda dr aku)aku takut nanti pgmr si mas yg psiko berbuat aneh2 lg waktu fansign....tp sng jg sih oppa dateng smga banyak momen dia sm hyeri...i ship them in real life...

      Delete
    2. amin amin amin amin,
      semoga banyak tertangkap momen-momen manisnya bogum-hyeri di fansign senin nanti bukan malah kebalikannya sama si itu aku lucu sendiri ngeliat mereka yg doa mati-matian biar bogum ga usah dateng eh ujung-ujungnya dia konfirmasi dateng dan mereka kecele sendiri haha

      Delete
  30. fansign 15 februari maksudnya salah tanggal tadi,
    mari kita semua yg ada disini berdoa semoga ada banyak momen-momen taek-deok sun alias hyeri-bogum di fansign tanggal 15 februari nanti bukannya malah kebalikannya,yg membaca ini tolong diaminkan

    ReplyDelete
  31. haloo mbak, saku udah lama jdi silent rider di blog mba, btw aku juga team taek mba, sanking fans nya dgn sama drama ini, tugas bahasa inggris aku, nulis tentang drama reply 1998 loh, hehe jujur sampe sekarang aku juga belum move on dari drama ini huhu

    ReplyDelete
  32. aku juga rekomendasi ketemen aku untuk nonton drama ini, dia juga team taek mba, haha jadi kami berdua sering crita2 tentang drama ini sampe sekarang

    ReplyDelete
  33. trus jga tugas bhs inggris aku juga dibacain sama dosen mba, gaktau kenapa dosen aku bacain tugas aku tntg drama ini didepan kelas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan-jangan dosennya penggemar Reply 88, Ky? ㅋㅋㅋ
      Halooo, Rizky. Makasih yah udah sabar baca postinganku, trus udah bela-belain komen juga ㅠ.ㅠ

      Boleh gak aku baca tugasnya? *eh

      Delete
  34. Aku jujur aja team mas pilot mba tapi setelah baca tulisan mba sekarang aku ngerti kenapa jadinya sama taek. Setelah ditonton berkali kali taek dari episode awal udah gemesin bgt. Jujur aja aku kadang suka ga ngerti sama orang yang jadi team mas pilot sampe marah dan kesel banget. Aku fikir sih salah dia juga ya dari awal dia ga nyatain perasaannya cewe kan suka hal yang nyata #maaf curhat. Seperti epilog nya di episode 18 semua karna sifat dia yang selalu ragu.
    Taek yg lebih berani yang pasti bikin dukseonnya meleleh jugaa.. ^^

    ReplyDelete
  35. Akhirnya nemu blog ok nih *thumb* selama reply 88 tayang saya baca blog sebelah *u know what i mean* yg awal baca biasa aja tapi ko lama-lama jadi sebel dan dalem hati suka bilang 'dia tuh kenapa sih' wkwk mian ~
    Awal nntn krn uri min maen di reply nih, cus donlot. Pas nntn awal episot 'wah sunwoo nih kayanya kandidat husband' sampe terpatahkan di scene taek sama papa dong il ngobrol berdua setelah nenek duksun meninggal. Dalem hati: ok gue dukung taek! Haha
    Tapi jujur aku juga suka sama mas pilot bahkan dia sebagai jungyeol loh sukanya *makanya masih kuat baca blog sebelah* tapi makin kesini ko makin sebel ya, sebelnya malah sama fans nya, cara berfikir dan tulisannya itu ko agak lebay ya, makin ga rasional aja, apalagi pas yg baca si pilot kecelakaan terus duksun menyadari cintanya lalu si pilot mati gitu? Yauda end game itumah, taek tetap juaranya ~ *langsung nyanyi*
    Saya kan sebagai yg suka mas pilot juga jadi bete, walo dalem hati tetep teamtaek haha.
    Terus temen saya team-nya mas pilot dan mulai koar-koar setelah kiss-like-a-dream scene itu. Nambah kebetean saya, dalem hati 'apasih? Biasa aja atuh~'. Semakinlah bete nyebelin pas team sebelah bilang script diubah, errrrr ya elu pikir bikin script cerita gampang? Dangkal sekali pikiran mereka~ Oke fix akumah team taek walau semisal nantinya tenggelam ini team kalo-kalo husbandnya si mas pilot.
    Dan setelah ending reply 88 saya baca trans wawancaranya uri taek sama mas pilot. Tapi dari semua yg saya baca, kok saya ngerasain suatu perbedaan. Saya suka jawaban wawancara bogum yang selalu mengucapkan terimakasih utk writer dan pd reply ini, ga terlalu memikirkan atau mungkin ga peduli dia jadi lead male atau engga, pokoknya dia kasih yg terbaik utk perannya. Dia ga jadi suami duksun ga peduli juga selama plot ceritanya duksun ini bahagia sama pasangannya.
    Tapi ko beda cerita sama mas satunya, dia pasti mengucapkan terimakasih ke pd dan writer-nim but...... ada satu bahasan yg dia bilang kecewa sama ending, kecewa dia bukan suaminya duksun, kecewa karakternya di ep akhir sedikit. Hiks atulah wkt bogum episot awal juga dia seiprit banget, tapi ga pernah terbahaskan hal sepele ini ~
    Dari sini akhirnya saya fix menetapkan hati jiwa raga suka sama bogum aja haha. Bukan hanya sebagai taek tapi sebagai park bogum.
    Uri bogumah ~
    tulisannya ga konsisten, ada aku ada saya wkwk harap maklum.

    ReplyDelete
  36. Waah ni drama emank masterpiece bngt.
    Daaan org2 dibaliknya suangat jenius.
    Gw slalu melongo nnton scene per scene.
    "Kapan aq masuk teamsuntaek?" gw menginjakkan kaki di teamsuntaek saat ending ep 6. Melongo, bengong, shock, g nyangka bngt, ni anak dg suara namjanya ngajak nnton. Perut gw lngsg membiakan megatron butterfly, Tp tentu sj krn perasaan kelelep brsma team chilbong masih kerasa, gw menginjakan kaki membawa sekoci, pelampung, tabung oksigen dg kata lain udh siap diakhir bakalan kelelep.
    "Kapan gw yakin taek endgame?" saat deoksun ngikut taeki ke cina, hmm deoksun udh nunjukin skillnya sbg badukplayer's wife.
    "Kapan gw pengen taeki jd hubby?" ketika yg satu mukanya kusut karna g bs nyelesein kotak rubik, yg satu lbh kusut krn g bs buka kotak yagurt😂😂 seru kali y klo hidup brsama 😂😂

    ReplyDelete
  37. haiii team taek!
    share dikit yaaa.. awalnya saya bosan dan pengen nonton drama Korea, kemudian saya cari2 ada satu drama yg kayanya lg diomongin byk org krn endingnya, yaitu REPLY 1988. Jadi penasaran, saya lgsg cari sinopsis dan endingnya,HAHAHA.. saya mah gitu orangnya

    Dan alasan kenapa byk pemirsa yg kecewa sm endingnya. Ternyata krn si pemeran cewek salah pilih cowok *kata sebagian orang*
    jadi makin penasaran , emang cowok kaya gimana yg salah dipilih??

    pas kepo sana sini langsung sreg liat cuplikan2 drama nya. Dan liat Karakter pemeran cowoknya yang katanya salah pilih.
    *Aduhh, jd makin penasaran sm dramanya. Walaupun udh tau endingnya.*

    Akhirnya saya nonton, baru smp episode 10 dan belom selesai, HAHAHAHHAA..
    Tapi jadi kebawa dalam mimpi, aduh gemes liatnya.

    klo menurut saya, wajar aja DS milih TK. Aduh, cewek2 juga klo dikasih pilihan pasti pilih TK lah. saya baru smp episode 10, (udah tau ending tp blm liat isi semuanya).

    Menurut saya, Taek sebagai pemeran utama laki-laki sudah diceritakan sejak awal. Dari awal TK bukan sebagai pemanis dlm cerita. Hanya saja di awal episode lebih banyak diceritakan tentang Taek, kehidupan dan cita-citanya dalam Baduk. Keseharian Tk yg pendiam, rendah hati, hangat, juga merindukan sosok ibu.

    Tapi karena TK sering ikut pertandingan, dan jarang dirumah, kita hanya liat kedekatan DS bersama SW dan JH. juga DR. di episode awal. hahahaha

    waaw saya suka perkembangan krakter TK. dari laki2 yg fokus pd cita2, kemudian melebarkan sayap fokus pd wanitanya. yeaaahh..! ini baru laki. Jarang2 loh, drama korea lakinya ngejar2 cita2 dan masadepannya dulu. yang ada malah cinta mulu. smp gw mikir, nih org kapan kerjanya? Pacaran mulu.. hahahhaa

    TK hidupnya seimbang, dia tau kapan kerja, kapan cinta. KEREEEEN kan laki satu ini. hahahhaa

    menurut saya, DS mulai mengganggap TK pria keren setelah ikut ke china dlm pertandingan Baduk. Mungkin bisa saja sudah jatuh cinta sebelumnya, maklum saya kurang jeli. hahahaha,

    karena disitu, kita bisa liat, gimana DS jadi lebih tau apa sih yg Tk kerjakan klo dia lg dlm "tugas" nya? keren bgt waktu TK lagi seorang master Baduk.
    how cute.. i love so much!
    Taek yg dewasa, yg tenang, yg hati-hati, dan punya etiket.. rrrrrr.. hahahahhaa

    dan ketika semua penonton kira DS cuma pengen numpang jalan2 ke China, tapi ternyata TK dan semua penonton disadarkan kalau DS lah yg menyiapkan segala kebutuhan TK waktu diChina. Dia merasa udh nemu seseorang yg bisa diandalkan, yg dia rindukan ada, seperti ibunya atau seorang calon istri. rrrrrrrr ,, hahahahaa

    haaa, udh lama bgt gak ngerasain noton drama smp kebawa perasaan. jd pengen ngayal gmn yaa mereka selanjutnya.. HAHAHAHAHAHA.

    jadi sukakk banget sm drama ini. wlopun blm smp selesai nontonnya, dan udah tau endingnya. tapi tetep enjoy krn bener2 enak buat ditonton. KEREEEN!

    ReplyDelete
  38. wow kak, jujur deh aku udah 2 bulan ini masih aja belom move on sama drama ini, apalagi momen momen suntaek. aku udah baca semua postingan kakak tentang reply di blog ini, keren keren. kata katanya cocok lucu.

    kalo boleh jujur aku masih kurang puas sama scene taeksun lagi pacaran, kurang banget, sampe aku nyari ff tentang taeksun karna beom puas kkkkk eh tapi malah kebanyakan ff hwansun yang keluar :(. kayaknya kalo kaka bikin ff tentang reply 1988 bakalan bagus nih kak, eh kok tapi kesannya jadi nyuruh? maap ya kak hehe cuma saran aja kak, habis aku suka banget sama postingan" yang kakak buat :D

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Haloo, salam kenal mbk, suka bgt baca blognya, meski uda telat bgt bru nonton reply 1988, berawal dr cm iseng liat preview MDBC, trs coba intip2 fmv suntaek dan baca2 komennya, tnyata byk yg rekomendasiin drama ini hehe

    Pdhl nonton MDBC bru sampe ep 8, tp hbs gtu malah keterusan nonton reply 1988 sampe tamat (masih pingin ngulang lg), dan rasanya cerita MDBC jd ga da apa2nya klo dbandingin reply 1988

    Krn dr awal uda dpt spoiler klo taek yg bakal jd suami, jd dr awal uda ngasi perhatian lbh k taek, cm emang d ep 1 taek cm muncul d awal aja, abis gtu gak muncul sm sekali, sempet btanya2 ni serius nggak si taek yg jd suaminya? Tp pnah nonton dream high jg gtu, samdong malah blm muncul d 2 ep ptama, tp akhirnya bs jd pemenang jg hehe

    Jd sy nikmati aja sweet moments suntaek, duh klo liat mreka tu so sweet bgt, pdhl cm hal2 kecil tp bikin perut geli hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaaaaaaaaaaaaak maaf telat balas komennya :(

      Delete
    2. Haloo Mbak Isnaini ^^
      Salam kenal...
      Gak papa telat daripada gak sama sekali *eh
      Reply 1988 dan MDBC bedaaaa jauh konten ceritanya, gak bisa dibandingin hihi. Dari segi output terhadap karir Bogum dua-duanya berperan sama besarnya.

      Semua curhatanku tentang Reply 1988 udah tercurah semua di blog. Lika-liku jadi teamtak :(
      Ada bagusnya juga sih nonton Reply 1988 pas udah tamat, jadi ga perlu terlibat war sana-sini, galau berbulan-bulan, dan nikmatin withdrawal syndrome yang bahkan masih berlangssung sampe sekarang heol ㅡ.ㅡ

      Tapiiii, banyak kenangannya juga nonton dramanya pas lagi airingnya. Suka dukanya masih membekas mpe sekarang ㅠ.ㅠ

      Delete
  41. Aku suka banget blog ini,,,kirain aku aja yg tergila2 sama ini drama n suntaek couple ternyata banyak temennya🙌🙌🙌,,menarik banget penjabarannya,,dan sampai sekarang blm bs move on dr drama ini 😭😭😭,,maaph yaaa baru bs ksh komen,selama ini jd silent reader

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaaaak, temennya banyaaakkkkk bangetttt loooh. Yang belom move on juga banyak (termasuk yang nulis komen ini). Makasih banget udah jadi silent reader, udah nyempetin baca, dan udah ngeluangin waktu komen di sini. Aku seneng banget.

      Salam kenal Mbak Rina ^^

      Delete
  42. Wahhh.. ini film udh lama banget dan saya baru nonton sekarang. Maklumlah bru mulai suka yg berbau korea sejak tahun lalu😂. Saya paling seneng nonton part yang ada suntaeknya.. kesannya imut tpi deep, kyk perasaan wktu nonton do bong soon💖. Jujur di awal awal saya benci banget dgn karakter bo ra. Memang karakternya jarang ada, tpi bisa dibilang kurang masuk akal untk saya. Secara bo ra sdh kuliah dan dewasa. Saya tidak bisa memahami knp sikapnya sangat kekanakkanakkan. Akibatnya waktu tau SW suka Bora bencinya minta ampun. Aku jdi ga bisa menikmati scene yang ttg love story mrk berdua. Tpi nontonnya masih smpe episode 9 sih. Entah gimana kedepannya. Tpi wktu baca artikel ini sadar juga, iya juga yaa.. si DS itu kan puber, dan 'sempet' suka SW krn teman2nya. Jdi ya agak lega jugaa.. tapi tetep Suntaek terbaik❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Mumu, gomapseumnida udah mampir. Gimana, udah ngelarin Reply 1988 belum?

      Delete
  43. Haha aku lagi nonton ulang drama ini karena kangen banget.. sama geng ssangmundong. Aku udah ngeship taek & duk seon sejak episode awal banget, waktu duk seon mondar-mandir depan rumah pakai hanbok putih sambil bawa tulisan madagascar, waktu itu semua orang bilang duk seon kaya hantu dan cuma taek yang bilang kalo duk seon cantik. Tapi anehnya waktu aku tontin ulang kok scene ini ga ada ya? apa cuma perasaanku doang? entahlah. Ada satu nih yang masih bikin aku penasaran sampe skrg, meski aku udah nonton berulang-ulang aku masih nggak ngerti juga sebenarnya waktu duk seon ngasih cokelat itu dia mau ngasih buat siapa sih kok bisa nyasar ke tasnya sunwoo?? sumpah penasaran banget.. ㅠ ㅠ

    ReplyDelete