Sinopsis Reply 1988 Episode 19 Part 2

Kau sudah melakukan yang terbaik
Man Ok dan Jungbong bertemu sesuai janji yang telah mereka sepakati. Jungbong masih berpikir kalau Man Ok itu orang kaya yang selera makannya pun sesuai kelasnya. Mereka bisa memesan daging—tapi Man Ok lebih suka daging perut babi. Jungbong senang mereka punya selera makanan yang sama. Dari cara Jungbong memesan makanan—sangat detail, Man Ok tahu kekasihnya itu punya ketertarikan yang kuat pada makanan. Kenapa Jungbong tak berhenti saja belajar hukum dan mempelajari makanan—koki maksudnya. Jungbong tak  yakin ia bisa, lagipula hukum terdengar lebih keren—satu lagi persepsi yang salah tentang masa depan. Jungbong akan segera menyadarinya segera. Hukum tak se-keren itu, kata Man Ok. Memangnya apa salahnya dengan makanan? Makanan adalah yang paling penting dalam hidup.
“... dan Deokseon pernah mengatakan padaku, dia bilang ramyun buatanmu paling enak sedunia.”
Jungbong senang mendengarnya.
“Lakukan apa yang kausuka. Sesuatu yang yang membuatmu memikirkannya sepanjang malam. Aku belajar fashion meskipun aku tak menyukainya karena ayahku. Aku akan lebih suka jika kau melakukan sesuatu yang kauinginkan.”
Ucapan Man Ok membuat Jungbong tercenung. Bukankah menyenangkan memiliki seseorang di sampingmu, yang bisa kau ajak ngobrol tentang apa saja? Yang dengan dia, kamu bisa melihat apa yang selama ini luput dari mata dan pikiranmu?
Pager Man Ok berbunyi. Dari ayahnya yang minta dibawakan makanan.
Eng ing eeeeng, ternyata ayah Man Ok bukan gangster seperti yang dipikirkan Ja Hyun dan Deokseon. Dia adalah pemilik toko kain sukses—aku suka ajeossi ini di Good Doctor. Ia tahu anaknya sedang berpacaran. Man Ok bertanya apakah ia sudah boleh berpacaran sekarang? Tentu saja, kata ayahnya. Toh dia bukan anak SMA lagi. Suatu saat Man Ok harus menikah juga. Jika saat itu datang, ayahnya akan berhenti bekerja dan menghabiskan waktunya di kapal pesiar bersama ibu Man Ok. Man Ok meragukan itu mengingat betapa ayahnya menyukai uang. Baru-baru ini ayahnya membuka lagi cabang ketiga.
Malam sudah larut, tapi Dong Il belum pulang. Il Hwa menunggu dengan gelisah. Rupanya suaminya itu sedang duduk sendirian di bale-bale di luar depan gerbang rumah. Sesuatu pasti telah terjadi.
“... Hari ini aku dipaksa melakukan pensiun dini,” ucap Dong Il pada istrinya. Suaranya sendu. “Maafkan aku...”
Air mata Il Hwa menitik. Namun dengan cepat ia mengendalikan diri, lalu mengambil duduk di sisi suaminya.
“Tidak. Mengapa kau harus meminta maaf?” Il Hwa meraih tangan Dong Il Appa. Menggenggamnya hangat. “Tidak apa-apa. Kau tak perlu meminta maaf...”
Pasangan yang baik adalah dia yang bisa menguatkanmu ketika kamu kehilangan arah. Dia, yang dengan tulus melewati masa-masa sulit bersamamu, di sisimu hingga akhir.
Kim Sajang terbangun dan menyadari Miran tak ada di sampingnya. Miran duduk bersandar di lemari, seperti sedang merenung dalam-dalam, wajahnya dibalut kesedihan.
“Kenapa kau belum tidur?” tanya Kim Appa.
Miran melarang suaminya menyalakan lampu, ia tak bisa tidur. Kim Appa bertanya apakah istrinya baik-baik saja?
“Aku tidak baik-baik saja...” kata Miran berulang-kali.
Kim Appa mendekati istrinya, dan memeluknya.
Keluarga Sung sarapan bersama. Berita pensiun dini itu pun disanpaikan pada anak-anaknya. Bora dan Noeul terkejut, Deokseon menatap ayahnya simpatik.
Dong Il tersenyum menenangkan.
“Ayah kalian tak perlu lagi bekerja. Dia sudah selesai dengan bank-nya. Dia akan menerima pensiun minggu depan dan semuanya akan benar-benar berakhir,” ucap Il Hwa.
“Pensiun dini? Apakah ayah mengajukan diri? Mengapa?” tanya Bora.
Jika kau mengajukannya sekarang, kau akan menerima dua setengah kali lipat dari dana pensiun. Itulah sebabnya ia melakukan itu, demikian Dong Il menjelelaskan. Il Hwa menanmbahkan menreka akan menerima 200 juta Won. Bora tak menyangka kalau ayahnya akan melakukan itu—Dong Il memang tidak melakukannya, pihak bank yang memaksanya. Deokseon tahu ayahnya pasti sedih, karena ia sudah bekerja di sana hampir separuh hidupnya. Deokseon berjanji akan sering-sering pulang ke rumah.
“Mengapa aku harus sedih?  Tahukan apa yang ayah kalian inginkan? Aku ingin tidur sangat larut dan sampai matahari masuk ke rumah ini.” Dong Il tak ingin terlihat lemah di mata anak-anaknya—at least, semua ayah seperti Dong Il. Kesedihan dan kekhawatirannya berusaha disimpannya sendiri.
“Sebaiknya ayah jalan-jalan bersama ibu dan berolahraga juga. Ibu juga mengalami hari-hari sulit tahun lalu. Kalian berdua harus berpegangan tangan dan makan banyak makanan enak, ok?” ucap Deokseon.
“Aku akan pergi bersamanya, tapi aku tak yakin dengan berpegangan tangan,” timpal Il Hwa ㅋㅋㅋ
“Selama kalian tak bertengkar, itu sudah cukup,” pungkas Bora.
Mereka tertawa bersama. Terdengar suara Kim Sajang dari luar. Ia datang untuk meminjam tiga menit waktu Il Hwa eomma.
Yep, tak Cuma Il Hwa, Sunyoung eomma juga dipinjam. Suara Dong Il Appa seperti biasa kalau masuk ke toko Moosung Appa pasti ribut. Moosung App lagi makan  jajangmyun. Aneh rasanya melihat Dong Il Appa di siang hari—biasanya bekerja.
“Aku pun masih tak terbiasa,” kata Dong Il Appa. “Sudah lima tahun menikah dan kau belum bisa mendapatkan makanan layak?” tambahnya ketika dilihatnya jajangmyun yang dimakan Moosung. Kim family yang memesan makanya Moosung dapat satu juga. Tadinya Moosung dan Dong Il mau makan semangkuk berdua—dua calon besan ㅋㅋㅋ—tapi Kim sajang tiba-tiba muncul membawa dua mangkuk.
“Omo, apakah kau mengantarkan jajangmyun lagi?” seru Dong Il.
Kim sajang menghela napas. “Istriku mengusirku. Dia bilang dia bahkan tak mau melihat wajahku. Dia memintaku menghilang.”—HAHAHAHA
Moosung tertawa. “Letakkan di sini. Sudah lama kita tak makan bersama.”
Jadilah ketiga ayah ini makan jajangmyun bersama di toko Moosung.
“Kau tahu, saat wanita mulai monopause, mereka membenci seisi dunia dan semua orang aadalah musuhnya. Dan orang pertama yang paling dibencinya adalah suaminya sendiri. Aku benar-benaar menderita tahun kemarin karena istriku. Aku tak menyangka istriku bisa seperti itu. Jika bukan karena cinta sejati, dia mungkin sudah memukulku. Itu sangat buruk.” Dong Il curhat mengenai apa yang dialaminya saat istrinya mengalami monopause.
Taetiseo-nya Ssangmundong juga lagi makan jajangmyun bareng. Miran tak tahu kenapa ia bisa se-emosional ini. Suaminya hanya meletakkan eskrim di atas meja. Sunyoung menimpali kalau wajar kalau Miran marah, ia juga sering dibuat jengkel ayah Taek. Miran menyadari ia jadi mudah marah, dan itu tak nomal. Matanya mulai basah. Monopause bisa membuat seseorang sangat emosional. Sunyoung mencoba menenangkan Miran. Setidaknya Miran belum beruban, ia masih muda :))
Miran memuji Il Hwa yang bisa melewati semuanya dengan baik. Itu karena Il Hwa memiliki anak gadis. Ya—saat-saat seperti itulah kehadiran anak perempuan sangat dirasakan.
“Kurasa puteriku pandai mengurus hal-hal kecil...” ucap Il Hwa pelan.
“Bukan begitu, itu karena mereka anak perempuanmu sehingga mereka tahu hati seorang ibu, anak-anak laki-laki tak pernah tahu isi hati ibunya. Dan Deokseon sangat baik,” ucap Sunyoung. “Belakangan aku ingin menjadikannya menantuku.” 
HAHAHA—be careful with your wish, Mom. Angels are listening, and God knows how to answer your prayer.
1993, tahun lalu
Il Hwa berbaring sendirian di rumah. Deokseon pulang, ia membangunkan ibunya. Dan mengajakanya jalan-jalan. Deokseon juga menemani ibunya sepanjang hari. Menghiburnya. Mewarnai kuku-kuku ibunya. Il Hwa terharu melihat kesungguhan dan ketulusan puterinya.
Dong Il ceemburu, ia berharap terlahir kembali—menjadi seorang Ibu. It’s not easy Appa...
Deokseon menatap ayahnya beberapa saat lamanya. Pada akhirnya, kuku-kuku Dong Il pun diwarnai Deokseon. Tawa ketiganya meledak.
Pada kesempatan lain, Il Hwa menerima botol obat dari Deokseon.
“Obatnya mahal, harus diminum ya!” –Pilar rumah, puteri keduamu. Begitu isi note yang ditulis Deokseon. Il Hwa eomma terharu. 
Aku juga terharu. Scene ini di satu sisi terasa sedih dan di sisi lain membanggakan. Deokseon adalah kontradiksi sifat kakaknya, Bora. Jika Bora selalu merasa kesulitan untuk menunjukkan perasaannya, maka Deokseon sebaliknya. Ia tak sungkan mengatakan kecintaannya pada ibu, bapak dan adiknya. Ini salah satu kelebihan Deokseon. Sifat naluriah-nya yang keibuan tak lantas membuat sebagian orang berhak menuduh kalau hubungan Taek dan Deokseon tak lebih dari hubungan kakak-adik, bahkan lebih sadisnya ibu-anak. Deokseon tak hanya melakukannya pada Taek, ketua kelasnya yang notabene-nya baru dikenalnya ia perlakukan sama—karena itu lahir secara naluriah sebagai manusia yang memiliki tingkat kepeduliaan di atas rata-rata. Kepeduliaan dan keramahannya menjadikan Deokseon cocok dengan pekerjaannya sebagai Pramugari, bukan? Pertanyaan menggelitik, pernahkan Deokseon memperlakukan Junghwan seperti cara gadis itu memperlakukan Taek? Menurutku, Junghwan dan Deokseon tidak pernah bertemu di satu titik yang mempertemukan dua hati mereka. Mirisnya, yang terlihat, ketika Deokseon tak lagi ambil pusing pada Junghwan, pria itu ibarat seseorang yang sedang jatuh cinta, sendirian. Dari kacamata aku sebagai penonton—barangkali terdengar subyektif karena aku mendukung Taek-Deokseon, Deokseon tak pernah menyukai Junghwan, tindakannya yang mencoba menarik perhatian Junghwan tak lebih hanya sebagai upaya mengonfirmasi kecurigaan teman-temannya. Marilah kita katakan skenario lainnya seperti ini,  Deokseon dan Junghwan berpacaran dengan asumsi Deokseon belum menyadari perasaannya pada Taek—pada perjalannya Junghwan tetap akan menjadi orang yang nelangsa bahkan lebih buruknya sebagai feeling filter Taek-Deokseon. Tapi ini bukan style Lee Woo Jung dan Shin PD, tidak ada itu makjang love story ㅋㅋㅋㅋ Memijak pada karakter Junghwan dan Deokseon, hubungan keduanya akan berlangsung melelahkan. Deokseon yang mendamba diperhatikan, sementara Junghwan tipikal pria lembut di dalam, kasar di luar. Yang jika dia menendang pantatmu, itu artinya dia menyukaimu. Aigoooo. Sekali lagi ini dari sudut pandang aku sebagai penonton yang tidak bisa dijamin objectivitasnya. Ok?
Ssangmundong malam hari. Keluarga Sung makan malam bersama. Berita di televisi menyiarkan tentang Choi Taek 9-dan yang memenangkan pertandingan Chunlan di China—tak ada yang tahu Taek memenangkan dua sekaligus, baduk dan hati Deokseon. Noeul memuji Taek, Dong Il appa juga tak bisa menyembunyikan kebangaannya. Telepon berdering, dari Taek. Semua kaget. Taek menelepon malam-malam setibanya dari China? Ada apa? Kurang lebih seperti kali ya dipikiran mereka. Ia menanyakan Deokseon. Noeul menyerahkan gagang telepon pada kakaknya setelah tak lupa mengucapkan selamat pada Taek—calon kakak ipar. Ahem.
Tampaknya Taek mengajak Deokseon bertemu. Ia bergegas. Ayahnya menyuruhnya agar menyelesaikan makanannya terlebih. Tapi Deokseon menjawabnya dengan aksen cute, “Taeki...” sampai dua kali. Lalu melangkah keluar.
Dan lagi-lagi radar kecurigaan Noeul menyala, “Bukankah ini terasa aneh? Jangan-jangan kakak...”
Bora memukul piringnya. Menyuruh Noeul lebih baik menyelesaikannya makanannya. Ia tak menyangka Noeul masih suka ingin tau (baca; gila urusan). Noeul malah memicingkan matanya, menatap Bora penuh curiga. Jangan-jangan di kehidupan sebelumnya Noeul ini berprofesi sebagai detektif.
Taek menunggu Deokseon di luar. Ia tersenyum melihat Deokseon membuka gerbang. Deokseon juga tersenyum sama manisnya. Duh—yang jomblo gigit-gigit guling. Taek mengangsurkan tangannya yang dengan segera disambut Deokseon.
“Kapan kau kembali?”
“Baru saja.”
“Kau tidak lelah?”
“Aku baik-baik saja. Kau tidak dingin?” Aksen dan ekspresi yang sama yang diberikan Taek seperti di scene sebelum keberangkatannya ke Jepang dulu.
“Aku baik-baik saja,” sahut Deokseon. Tersenyum.
Taek merentangkan jaketnya lebar-lebar. Anggap aja Taek ngomong kayak gini, “Come to meeee, beibeeeeh! *malah yang nonton yang semangat 98 ㅋㅋㅋㅋ Deokseon menghambur ke dalam pelukan Taek. 
“Aaah, hangatnya....”
Yang jomblo makin kesetanan meluk guling ㅋㅋㅋㅋ
Deokseon mengendurkan pelukannya dan menatap Taek. “Besok adalah hari pensiun ayah. Air sudah hampir menangis.” Ia kembali memeluk Taek. 
“Tak bisakah aku ikut besok?” tanya Taek.
“Lupakan, jangan datang. Jika kau datang, semuanya akan jadi ramai. Dan hanya keluarga yang diijinkan hadir.”
“Baiklah... tapi... tak bisakah aku sekadar mampir sebentar?”
“Jangan. Kalau kau datang kau akan menjadi pusat perhatian. Besok, ayahkulah yang harus jadi bintang.”
Ok. Aku akan tunggu di belakang saja... Aack!” Ucapan Taek terpotong karena Deokseon (sepertinya) mencubit pinggangnya. Ia melangkah mundur. Ngeyel siiih.
“Ya!”
“Kau lebih baik mendengarku, ok?”
“Ddae.” Taek menurut. ㅋㅋㅋㅋ Ia melebarkan jasnya lagi, dan sekali lagi Deokseon menghambur mesra. *yang jomblo pun kolaps mengenaskan*
 –This is one of my fave moment of Suntaek! The’re just adorable together, lovable, full of love, full of respect. How could you dare to avoiding this? Cuteness overload!
Keesokan paginya, Il Hwa membantu suaminya mengenakan dasi dan jas yang dibelikan Bora. Dong Il bahagia. Ada kutipan menarik dari Dong Il saat tahu kalau jas yang dikenakkan berasal dari gaji pertama Bora di pusat pelatihan hukum. Ia bertanya mengapa Il Hwa menyimpannya. Il Hwa sendiri tak menyangka jika jas itu akan dikenakkan suaminya hari itu—hari ketika ia pensiun.
Ini yang dikatakan Dong Il, “That’s why they say things turn to crap if you save it.” Ucapan ini secara tak langsung cocok dengan Junghwan. Sesuatu yang kau simpan—sembari menunggu waktu yang tepat untuk kaukeluarkan, bisa berubah menjadi tak berguna pada akhirnya. Jas yang dikenakkan Dong Il hanya sebagai metafora saja. Hal baik, jangan dipendam. Kau hanya perlu menempatkannya dengan cara yang baik. Jika pun timbal balik yang kau dapat, tak sesuai harapanmu? Memangnya kenapa? Setidaknya kamu sudah berusaha. Selalu ada pembelajaran di setiap urusan/perkara/masalah yang kita hadapi. Mentalmu terasah menerima yang tidak kau harapkan. Terluka sekarang jauh lebih baik, daripada penyesalan yang kau jelang bersama pertanyaan-pertanyaan tak terjawab nnatinya—mungkin sampai kapan pun takkan pernah ada jawaban.
Bora dan Deokseon sudah menunggu di dalam mobil. Noeul keluar gerbang disusul ayah dan ibunya. Di depan gerbang sudah ada Moosung, Sunyoung dan Jinjoo! Jinjoo memberikan buket bunga pada Dong Il. Keluarga Kim terlambat memberikan penyambutan pada Dong Il. HAHAHAHA, foreshadowing. Keluarga Sung dan Keluarga Choi memang sudah ditakdirkan satu sama lain.  Heartwarming scene. Aku dibikin terharu melihat keluarga di Ssangmundong ini. Mereka saling menguatkan satu sama lain. Di mana lagi bisa kita temui yang seperti ini? Mereka dari daerah yang berbeda, tak punya ikatan darah apa-apa. Tapi kedekatan di antara mereka melebihi hubungan sedarah .
Sunwoo di rumah sakit, ia menelepon Bora. Tentang hari pensiun ayahnya, Sunwoo menyarankan agar Bora menghibur ayahnya karena saat ini beliau pastilah orang yang paling sedih. Bora sedikit kecewa dengan upacara pelepasan tadi. 
Ayahnya sudah bekerja selama hampir 30 tahun, tak ada plakat, hanya sebuket bunga. Sebuah penghargaan terhadap kesetiaan yang dirasa tak setimpal. Bora sesaat ingin protes seperti dirinya di masa lalu. Percakapan telepon mereka terpotong oleh kehadiran Deokseon. Bora menutup telepon dan berjanji akan menelepon lagi nanti.
Kira-kira apa yang sedang dirundingkan tiga bersaudara ini? Sampai-sampai Deokseon menyindir apakah Bora benar-benar lulusan Universitas Seoul. ㅋㅋㅋ Bora belajar hukum, bukan jurusan bahasa Korea.
Melalui sambungan telepon, Junghwan memberitahu Jungbong kalau ia akan segera pulang ke rumah. Ia tak perlu ditunggu karena akan tiba sangat larut. “Second daughter” akan segera datang ㅋㅋㅋㅋ
Junghwan tiba. Ia mendapati ibunya duduk sendirian dalam gelap di ruang tengah. Wajahnya sendu. Miran tak menyambut kedatangan anaknya sehangat biasa.
Junghwan menemukan foto-foto keluarga mereka dalam keadaan terbalik. Miran pastilah sedang berada dalam situasi mood yang sangat sangat sensitif hingga ia melakukan itu.
Pagi buta Junghwan memperbaiki sepedanya. Sunwoo keluar gerbang dan memberikan penghormatan khas tentara pada Junghwan. Sunwoo mengajak Junghwan minum-minum bersama yang lain. Tapi Junghwan menolak karena hari itu adalah hari ulang tahun ibunya.
Junghwan dan Jungbong saling bertengkar hanya gara-gara tak ada satu pun dari mereka yang tahu restoran yang bagus. Kata Junghwan seharusnya Jungbong tahu karena dia yang berpacaran. Seharusnya Junghwan yang lebih muda yang tahu. Aku tinggal di Sacheon! Seru Junghwan. Belakangan ini aku jadi ibu rumah tangga! balas Jungbong. HAHAHAHA
Penyelamat mereka pun datang, Dong Ryong-dda! Ada resepsi pernikahan yang dibatalkan, pengantin perempuannya melarikan diri dengan cinta pertamanya LOL. Jadi inget Proposal Daisakusen. Untungnya sudah dibayar, jadi Dong Ryong tidak menderita kerugian. Galbi-nya bisa sia-sia makanya Dong Ryong memutuskan mengundang orang-orang di Ssangmundong ke restorannya makan galbi gretongan. Ide keren melintas di benak Junghwan.
Dong Ryong dan kakaknya, Dae Ryong—namanya mirip HAHAHA—menyiapkan segala sesuatunya. Ada sekira 20 orang yang akan hadir. Termasuk ibu mereka.
Keluarga Choi yang pertama datang. Lalu keluarga Sung—Dong Il appa sempat-sempatnya singgah menyerobot sepiring daging mentah HAHAHA.
Look at this couple ㅋㅋㅋ
Disusul Deokseon dan Senior eonni.
Tak berapa lama Ja Hyun dan Man Ok muncul. Dong Ryong agak kaku ketika bertemu teman-teman Deokseon. Deokseon dengan jahilnya, ingin menjodohkan Dong Ryong dan Ja Hyun. Dong Ryong berteriak, ia sudah punya pacar LOL.
Dong Ryong menghitung orang-orang yang sudah hadir. Masih ada yang belum hadir, salah satunya Choi Taek.
“Berandal itu, dia pikir dia itu bintang atau apa? Dia selalu terlambat,” omel Dong Ryong. Yes, he is! Star of the show always comes late ㅋㅋㅋㅋ
Our star is coming...
Alasan keterlambatannya, dia yang menyetir. Dong Ryong pun mengerti ㅋㅋㅋ
Mereka tersenyum satu sama lain.... *jomblo mulai resah lagi...*
Ayah dan ibu Dong Ryong juga sudah datang.
Junghwan dan keluarganya yang belum tiba. Sambil menunggu, Deokseon mengeluarkan sesuatu dari dalam tasnya. Ia dan Bora saling bertukar pandang penuh arti.
Mrs. Cheetah datang. Sebelum ayahnya terlanjur duduk, Junghhwan menariknya ke sudut. Junghwan memberitahukan sesuatu pada ayahnya. Kim Sajang terlihat mengerti. Ia tersenyum. Junghwan dan ayahnya masuk ke ruangan lain.
Ra Miran masih baper. Tapi ketika seorang pelayan pura-pura tak sengaja menumpahkan galbi di atas baju Miran, perempuan 52 tahun itu tak menunjukkan kemarahannya. Jadi rencana Junghwan—The second Daughter dan Jungbong adalah mengadakan pesta ulang tahun ibunya dipadukan dengan pernikahan kedua ayah dan ibu mereka. Seorang jurfot sudah siap di luar menunggu momen tersebut. Semua berkat Dong Ryong. Junghwan meminta Jungbong menjadi flower boy—yang menaburkan bunga ㅋㅋㅋㅋ tadinya Jungbong mau menolak karena pacarnya ada di sana. Dan siapa yang akan menyerahkan buketnya? Tanya Junghwan. Hanya satu yang tersisa, sahut Dong Ryong—itu Junghwan LOL. Ketika musiknya dinyalakan Junghwan harus menyerahkan bunga tersebut pada ibunya.
Karpet putih dibentangkan....
Musik dinyalakan...
Ra Miran tak bisa menyembunyikan rasa harunya menerima surprise itu. Ia menangis. Ia bertanya ide siapa itu? Jungbong menunjuk adiknya. 
Ternyata foto pernikahan kedua orang tua mereka palsu. Sebab itulah Junghhwan melakukan foto ulang, kali ini dengan formasi lengkap. So touching.
“Terimakasih, Junghwan-ah... Monopause ibumu sudah hilang. Terimakasih, Nak,” ucap Miran. Ia menangis lagi. Junghwan protes, ia melakukan itu bukan untuk membuat ibunya menangis seperti itu. Dong Ryong menegurnya. Junghwan tetaplah Junghwan. Dia masih mempertahankan tsundere-nya hingga akhir HAHAHA.
Sekarang giliran Sung Appa yang mendapatkan surprise. Deokseon menyerahkan sebuah kotak berisi plakat pada ayahnya. Kim Sajang berniat membacanya, ia menerima reaksi bermacam-macam. Bora dan adik-adiknya tak setuju jika plakat Terimakasih itu dibacakan saat itu, beberapa lainnya setuju. Kim Sajang membaca bagian atasnya, namun segera dihentikannya ketika sadar apa isi keseluruhan plakat tersebut.
Deokseon-lah yang akhirnya membacakannya.
“Plakat Terimakasih.
Ayah telah bekerja di Bank Hanil selama 26 tahun. Manajer Sung Dong Il, kami ingin mengucapkan terimakasih kepadamu. 
Kami mungkin tak bisa lagi memanggil ayah Manajer Sung Dong Il. Yang belum berubah adalah, Sung Dong Il adalah suami Lee Il Hwa dan ayah dari Sung Bora, Sung Deokseon, dan Sung Noeul. 
Dia adalah ayah yang membanggakan bagi tiga anaknya. Inilah yang paling sering ayah kami katakan, ‘Sialan’ dan ‘dasar!—seruan berisi umpatan. Kata-kata yang paling ayah benci adalah ‘Asisten Manajer selamanya’ dan ‘Jaminan pinjaman’. Hal terbaik yang ayah lakukan adalah membeli barang-barang tak berguna dan mencium kami. Makanan favoritnya adalah kerang berbumbu dan soju. Dan yang paling ayah cintai adalah kami, keluarganya... Sebagai putra dan putri ayah kami,
... karena kami tak bisa memberinya kata-kata yang hangat,
Dan karena kami tak bisa menemaninya minum-minum padahal ayah sangat menyukainya,
menjadi yang pertama kali memeluknya
menjadi yang  pertama kali mengatakan padanya betapa kami mencintainya,
dan kami tak yang tak memahami betapa beratnya titel sebagai Ayah,
Kami merasa bersalah dan meminta maaf...
Bagaimana pun, ayah bagaikan sebuah pohon yang tak akan pernah berhenti memberi. Seorang ayah yang paling dihormati Bora, seorang ayah yang seperti teman bagi Deokseon, dan seorang ayah yang memberikan kemantapan pada Noeul...
Dengan hati penuh syukur kami memberikan plakat ini.
5 Desember 1994, dari anak-anak ayah.”
Kita tahu Sung Appa terharu meskipun ia berseloroh kalau itu tak perlu susah payah dibaca, ia hanya bersikap seperti biasanya—pura-pura tegar, pura-pura tak tersentuh, pura-pura...
Semua yang hadir di sana ikut menangis.
Dua acara itu diakhiri dengan acara joget bersama ㅋㅋㅋ Lagunya itu loh, yang mau dinyanyikan Ra Miran di kontes musik tapi gagal gara-gara kasetnya ketuker sama penjual telor keliling. Lagu ini juga pernah dinyanyikan Kyuhyun SJ di King Of Mask Singer, berduet dengan seorang aktor.
Lee Il Hwa dan Sung Dong Il duduk berdua di salah satu toko dekat Ssangmundong yang sudah tutup. Malam sudah larut. Orang-orang yang sudah pulang ke rumah masing-masing.
“Pernahkah kau dengar tentang Hwa Moo Ship Il Hong?”
“Ya, aku pernah mendengarnya...”
Bunga krisan punya musimnya sendiri. Dan tak ada bunga yang bisa mempertahankan warnanya selama sepuluh hari. Aku harus sadar dan melakukan sesuatu mengenai itu. Kurasa pernyataannya tak sepenuhnya benar juga. Hidupku hampir berakhir sekarang.”
“Waktu berlalu begitu saja tak hanya berlaku bagi kita saja. Tapi untuk siapa saja. Kepada siapa kau akan protes? Kau hanya perlu menerima dan menjalaninya.”
“Aku menyadari sesuatu yang penting hari ini.”
“Apa itu?”
“Kupikir semua berakhir saat kelopak mekar. Namun, sekali kelopak-kelopak itu mekar, ada buah lain yang mekar. Aku melupakan itu. Aku hanya bersedih karena kelopak bungaku takkan mekar lagi. Aku tak bisa melihatnya. Aku harus merelakan pekerjaanku. Akan tetapi, caraku membesarkan anak-anakku.... aku sudah melakukannya dengan baik, bukan?”
Il Hwa tersenyum meski matanya berkaca-kaca. “Ya, tapi siapa yang tahu? Mereka mungkin akan menyebabkan kita bersedih nanti.”
Dong Il terkekeh, “Mungkin aku terlalu cepat berbicara seperti ini ya? Tapi kau tidak tahu, hati kita untuk anak-anak kita, suatu saat nanti mereka akan memberikan jawaban pada kita ;Terima kasih.”
Il Hwa dan Dong Il berjalan di sepanjang lorong, pulang ke rumah.
***
Menit-menit terakhir episode 19 tidak pernah gagal membuat saya menangis hebat. Untuk beberapa saat lamanya saya tidak melihat Dong Il dan Il Hwa sebagai orang tua Deokseon, Bora dan Noeul. Saya melihat sosok ayah dan ibu saya pada mereka. Mungkin apa yang dikatakan Sung appa, sama seperti apa yang ada di benak kedua orangtua saya. Ada banyak sekali tipe orang tua di dunia ini—dan untuk semua itu—kita sebagai anak tak punya hak menjadi superior di hadapan mereka hanya karena kita telah sukses atau hanya karena orangtua kita sudah/pernah melakukan kesalahan. Tumbuhlah, jadilah anak yang baik juga membanggakan bagi kedua orang tua kita. Di dunia ini, tak ada penghargaan paling mewah selain ini.
Plakat Terimakasih itu... Air mata saya mengalir tak henti saat menulis bagian ini. Hubungan saya dan ayah saya kurang lebih seperti itu. Saya dan ayah saya saling menyayangi dalam diam, tanpa ada ungkapan verbal. Ketika kami duduk semeja di teras rumah, kami membincangkan apa saja—politik dan sebagainya. Duduk berdua, semeja dengan ayah adalah salah satu wujud cinta yang saya usahakan mengingat betapa jauhnya kami dulu. Banyak cara menunjukkan rasa sayang pada orangtua kita. Banyak. Kau hanya butuh kesadaran, untuk memulainya.
Feeling seorang ibu tak bisa diremehkan, ucapan sambil lalu Il Hwa menemukan jawabannya di episode 20—Bora dan Sunwoo, kalau mau dihitung Taek dan Deokseon juga.
Episode ini lebih menitik beratkan tentang orangtua di usia senja mereka—Dong Il dan pensiunnya serta Miran dan monopause-nya. Sekali lagi Lee Woo Jung menampilkannya secara simbolik. Bagi saya dua sub-cerita di atas mewakili sebagian besar ayah dan ibu di dunia ini. Part ini sekaligus memberikan sindiran kepada kita sebagai anak. Sudahkah kita melakukan yang terbaik untuk orang tua kita seperti yang dilakukan Jungwan dan Deokseon? Jawabannya ada pada diri kita masing-masing.
Kau sudah melakukan yang terbaik,
Quote ini berlaku untuk mereka yang menjalani hari-harinya dengan berani, serta penuh tanggung jawab...
Taek dan Junghwan,
Deokseon dan Taek,
Jungbong dan Man Ok,
Dongryong,
Ra Mi Ran,
Kim Sajang,
Sung Dong Il,
Lee Il Hwa,
Sunyoung,
Choi Moo Sung,
....  Kita berhak mendapatkan yang terbaik, jika kita mengusahakannya dengan cara yang terbaik pula. Karena hidup itu selalu adil, jika kita mengerti dan tahu diri.
Oya ngomong-ngomong dengan kemampuan intelijen seperti itu, kira-kira Noeul berbakat jadi apa ya selain detective? ㅋㅋㅋ

P.s : Episode 20 sepertinya akan sangaaattt telat diposting. ㅠ.ㅠ

86 comments:

  1. Mohon maaf kaka kali ini aku harus menyebut nama jung hwan di komentarku kali ini,

    Doaku untuk jung hwan :
    Semoga Tuhan mempertemukan jung hwan dengan gadis setipe han chae kyeong di princess hours yg biar kata dikatain 1000 kali bodoh sama pangeran shin dia ga akan peduli atau yg setipe kotoko di itazura na kiss kayanya cocok juga tu buat jung hwan yg tsundere jung hwan kan 11 12 kaya naoki sorry so sorry yg setipe deok sun ga cocok buat jung hwan yg gengsi gede-gedean *pandangan tak subjektif dariku*

    Ngomentarin soal orang tua,hubunganku sama ayahku setipe sama deok sun dengan ayahnya begitupun dengan ibuku mereka bilang ke aku mereka ga ngarepin apa-apa dariku kata mereka "aku harus bahagia setiap harinya" itu aja udah lebih dari cukup bagi mereka walaupun mereka bilang begitu adanya tetap penyesalan terbesarku dalam hidup adalah aku ga bisa jadi anak sempurna dalam segala hal yg mereka dambakan *curcol dadakan*

    No eul bisa tu jadi mata-matanya FBI atau ngelamar jadi stalker barunya dispatch XD

    Aku ngakak waktu baca komentar kaka soal adegan pelukan depan gerbang dan serius itu aku meluk guling beneran *buka aib ketahuan jomblonya*

    ~sekian~

    ReplyDelete
  2. Komen dlu baru baca..haa..makasihhh sinopsisnya..peluk mba azz 😍😍😍

    ReplyDelete
  3. Komen dlu baru baca..haa..makasihhh sinopsisnya..peluk mba azz 😍😍😍

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. klo ep 19-20 itu suka bikin aku mewek.. karena hub aku sama ayah ku kyk bora sangat canggung.. tpi klo ada masalah dia org yg paling khawtir *kyk tragedi bus kampus unand yg jatoh* dia org pertama nelpon hihi tpi ya gitu deh kmi ngomongnya canggung huhu

    makasih loh mbak buat sinopsisnya dan penyampain yg kena di aku huh!!
    fighting mbakkk :D

    ReplyDelete
  6. Hahahahhaa....spt biasa ngakak guling2 baca sisipan komentar dr mb.azz...
    Waktu adegan pelukan d gerbang.."yg jomblo pd ngenes meluk guling"...kesindir banget ni bagi aku yg jomblo....wkakakakakaaaa....

    Bener banget sesuai dg judulnya semua keluarga melkukan yg terbaik..tdnya aku pikir ini judul buat taek doang ternyata ini ditunjukkan untung semua pemeran drama ini...

    Hahahahahaaaa....sm kyk yg lain bilang bahwa turut berduka cita kalo ntnnya pake kacamata bias yg nganggep r88 end in ep18...mrk bakal kehilangan 2epi yg sungguh sangat bikin mewek dan penuh makna....hub bora n sung appa mirip kayak aku yg canggung makanya aku sllu tersentuh dg adegan mrk

    Btw...adegan terakhir ep 19 trio ahjumma dg sw bora sengaja gk ditampilin ya mb.azz..?? Apa aku yg salah inget??

    Makasih banyak untuk sinop19 yg luar binasaaahhh...good job!!!!

    ReplyDelete
  7. Minta perhatiannya sebentar bagi yg punya akun soompi atau ada niatan mau bikin soompijangan lupa voting dan ngelike Taeksun couple linknya udah aku buat di post komentar postingan kk sebelumnya ^^

    menang atau kalah di kontes itu bukan masalah bagi kita karna memang pada dasarnya kita-kita sudah menang duluan wahaha

    akan tetapi alangkah baiknya kita menunjukkan dukungan bagi "Taeksun couple" dengan cara memberikan voting dan like+tim tetangga ngeselinnya na'udzubillah --

    Minta doanya juga sekalian yg ada membaca ini semoga hari ini banyak momennya momen-momen manisnya park bo gum-hyeri di fansign bukan malah kebalikannya,

    amin amin amin

    *mari bikin lingkaran doa bersama*

    @ka abby : emang ditinggal ka scene yg itu mungkin ka azzhuranya lupa nulisnya atau emang sengaja ditinggal hhe

    ReplyDelete
  8. Duh mbakk.. Udah part 2 aja..atau aku yg telatnya kebangetan yaa T.T
    Udh sbuk sm kuliah mbakk ngk bs sering2 nengokn blog jadinya huhuhuu
    Di episode 19 ini bener2 campur aduk emosi ku saat nonton. Korea-indonesia jg enggak beda jauh mngnai hub orang tuanya n anak yaa!? Jadi ngena gini dramanyaa...
    Makasi postingannyaa mbakk<3

    ReplyDelete
  9. @nisa aku semenjak thread suntaek d tutup jd males am soompi aku cm berkunjung di thread bogum n thread khusus suntaek....kalo buka polling itu takutnya ktmu fans2 mas itu Dan buat mood jd gk baek ....jd aku sebisa mungkin menghindar....maap2 banget gk bsa Bantu polling....aku bnr2 menghindar Dr sgl ttg mas itu....

    BTW udah liar piku2 can sign blm?? Gumri overload feelsss....hyeri dkt2 bogum terusss....sweet banget den pokoknyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat piku2 fansign maksudnyaaa

      Delete
    2. Forum baru Taeksun shipper : taeksroom.com/forums
      (register dulu) promosi forum ngumpul-ngumpul baru ceritanya tapi pake b.inggris sih ngga pa2 hitung-hitung belajar b.inggris otodidak kalo rajin kalian datang berkunjung kesana ya ^^

      kaka aku udah liat dan hasilnya = Bahagia overload!! aku tidur siang dengan nyenyak habis liat foto+video fansign,

      gerak-gerik hyeri di fansign hari ini mencurigakan sangat ka aku curiga dia naksir beneran sama bogum kali aja tipe idealnya hyeri udah berubah,hyeri deket-deket bogum terus ka duduknya di fansign mana skinshipnya banyak lagi makin bahagialah aku liatnya mana manjaernya hyeri+manajernya bogum kaya akrab gitu lagi jadilah makin tambah mencurigakan mereka doaku dikabulin sama Tuhan ka beneran banyak momen bogum-hyeri haha *jiwa shipper lagi kumat akut*

      iya ka ngga pa2 kok hhe. .

      Tambahan sedikit :

      komentar mas pilot shipper setelah melihat video fansign bogum-hyeri :

      Reporternya pasti adalah tim taek lol



      Delete
  10. setuju bgt sama temen2 ep 19-20 itu tidak hanya fokus pada hub.taeksun tpi juga hubungan mas pilot dg keluarganya, sunwo dgn ibunya dan ayah taek, bora dgn ayahnya syg banget org2 yg nonton cuma ep18 berarti mereka gagal paham dalam memahami drama ini, dan tidak mengambil sisi positif dan maksud dri penulis..


    iya udh ada forum suntaek lgi kyaaaaa...
    hari ini dri tdi teriak2 delulu ku aktif dan bahagia liat park bo gum dan hyeri momentnya banyak huhaahaha mana hyeri sama bogum bikin gemes liat interaksinya hagahaga aku bahagia liat piku2 yg bertebaran #teamtaek menang banyak huhahaahaha *tidurnyeyak nanti malam hahaha

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. dia masih bisa ka ternyata bikin berita dengan foto-foto interaksi mas pilot sama hyeri yg seuprit doang menjadi sebuah cerita yg kemudian dikonsumsi dan ditelan mentah-mentah oleh para pengikutnya --

      maklum ka diakan secara punya skill nulis dan mendramatisir selevel song cha ok di drama pinocchio jadi ga heran deh akunya XD

      Delete
    3. Hahahaha...bnr kan aku blg dia gk bakal punya banyak gambar untuk d pajang ....tp bneran kaget bisaan aja dia nyeritain video kmrn dr sudut pandang bias ke mas pilot...luar biasa berbakat...smga d masa depan bakat yg dipunya digunakan untuk hal yg baik...wkwkwkwkakakakaka

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  12. Hahahahaaa....hiburan banget...jelas2 kmrn hyeri deketin bogum terus...perasaan hyeri cm benerin rambut pilot sekali doang...mrk gk liat apa hyeri pegang2 tangan bogum n jaket,ngerapiin rambut jugaa...aki rasa sekli lagi kita dan mrk tidak melihat video yg sm yg mrk liat fansign individu pilot doang....mana sih aku liat video yg bikin mrk klepek2...masih blm sembuh juga dr perihnya berlebihan ekspektasi yaa...kaciann dehh

    Btw aku suka strategi pake cincin saat fansign...kill two bird in one shoot..
    1. Bogum mau buktiin k semua orang he is the one and right husband...pake cincinnya gk maen2 lo di jari manis tangan kiri...itu bukan kesengajaan dia ada maksud
    2. Si sponsor cincin berlian itu menang banyak kali ini...gmn enggak cincin bogum jd trending pencarian no.2 d korea sono kemarin...pasti brand itu jg jd populer dong...orang media aja lgsg beritain bogum pake cincin kok dikiranya dia lg date sm seseorang bahkan isrtinya sendiri aja kaget dan langsung nanya k bogum...hehehee
    Agensi bogummy so clever

    ReplyDelete
    Replies
    1. Other denial case forever tim mas pilot :

      Besok -besok mau nonton one more happy ending ah mau merhatiin jang nara kali aja dia make cincin yg sama kaya yg dipake bogum biar fansnya park bo gum berhenti jodoh-jodohin hyeri sama bogum ga percaya itu cuma cincin sponsor lagian si bogum kaya menghindar gitu waktu hyeri megang cincinnya barangkali dia takut sama jang nara jadi menghindar dari hyeri

      Komentarku : mba tolong ajarin sama bikin fanfik dong mba ahlinya deh kayany saya mau berguru sama mba muahahaha

      Eh ka coba deh nonton ulang video fansign nya setelah nonton ulang aku menemukam sesuatu hyeri penasaran akut sama cincin yg dipake bogum saking penasarannya dia sampe pegang-pegang tangan bogum *cie si istri virtual cemburu ni yee bogum sih nakal cincin sponsor dipake ke fansign sengaja banget itu mancingnya ternyata si bogum bukan cuma jago begitu-begitu tapi juga jago mancing-mancing haha*

      Luar binasa ka kemarin media heboh+para fansnya juga termasuk kita-kita gegara cincin yg dipe bogum sampe-sampe si blossom harus pake acara klarifikasi segala habis fansign buat meredakan semua spekulasi yg beredar tentang bogum *The Lord of the Ring Park Bogum popularity power*

      Delete
  13. Besok -besok mau nonton one more happy ending ah mau merhatiin jang nara kali aja dia make cincin yg sama kaya yg dipake bogum biar fansnya park bo gum berhenti jodoh-jodohin hyeri sama bogum ga percaya itu cuma cincin sponsor lagian si bogum kaya menghindar gitu waktu hyeri megang cincinnya barangkali dia takut sama jang nara jadi menghindar dari hyeri
    Itu komentar sapa nis??? Sungguh membuat geli...wkwkwkwkkk

    Jelas2 yg nempel hyeri terus kita sih gk jodohin yaa...cm liat fakta aja bahwa hyeri kebih nyaman dkt bogum...bogum sih stay cool aja walau aku tau ost dia tersipu juga...bandingin deh sm bts2 kmrn d mna bogum dulu lbh aktif skinship hyeri ehh skrg kebalikannyaa...

    Ya itu aku blg strategi manajemen bogum itu pinter banget buat kejutan...talk less do more...gk usah capek2 buat interview ulang...sekali beraksi langsung heboh d mna2...ini cm pake cincin doang lhooo...bogum mmg rising star banget dah...apa2 kecil aja jd berita...smga berita yg baek2 aja ya oppa...hihihiii

    ReplyDelete
  14. Komentar dari tim mas pilot yg usianya udah kepala 3 ka~

    Iyah kita-kita sih ga jodoh-jodohin lah ya cuma ngeliat fakta yg bermunculan di fansign *boleh dong sesekali besar kepala dikit haha*

    Iya ka kok sekarang jadi hyeri ya yg mulain skinship duluan biasanya kan si bogum yg selalu mulai duluan *aduh hyeri udah kangen berat ya sama bogum jadi agresif gitu*

    Tapi ka di video fansign juga aku liat si bogum kaya cuek dikit gitu sama hyeri dan aku jadi curiga jangan-jangan cuma hyeri yg suka bogum tapi bogumnya emang baik ke semua cewe *berdasarkan sumber video*

    Wahaha iya baru juga cincin dan udah bikin heboh media korea apalagi nanti yg lain-lain jangankan cincin yg dipake bogum,susu yg sering diminum bogum laku keras juga kali ya di supermarket dibeli anak-anak sma yg ngefans dia~

    ReplyDelete
  15. hahaha bingung jg antara bogum yg sedikit cuek atau hyeri yg niat bgt ama bogum? tpi pandangan bogum ke hyeri ttp romantis kok beda pandangannya ke iren, walaupun hyeri yg mulai skinship duluan tpi bogum ttp balas dgn senyuman cinta heheheheh

    smoga mreka bisa jadian beneran di real life.

    ReplyDelete
  16. Ya ampun cepek dehhh....usia mental bocah bangwt yaahhh...

    Heheheee...jaim lah dia...itubkan d dpn umum nis banyak fans mantengin juga...ntar kalo bogum keliatan excited banget jadilah dunia milik b2 yg lain numpang...hehehee
    Kalo d bts si bogum lbh aktif mungkin karena sekitarnya org2 staff r88 yg udah biasa dg kedekatan mrk...jd bogum leluasa aja skinship hyeri...aku berharap banget sgr keluar dvd uncut...pst banyak moment taeksun

    Bener kata gratia walau bogum sedikit cuek tapi dia sllu bales dg senyum dan sllu respon k hyeri walau respon sedikit lambat...borene menurutq trllu script kedekatannya...scr acara itu kan udah d atur sblm airing...tp aku sih sng liat mrk bareng dua2nya cute...tp aku gk ship borene....saaawwryyyy#gaya song yi# kasian bogum nanti banyak haters dr rv...scr fans artis sm kan nyeremin banget..
    aku heran sih ya d korea sono cm mc acr musik gt aja pake script sgla... aku lbh suka yg natural...makanya rada bingung juga liat acr2 kyk variety atau reality show yg ada kedekatan aktor aktrisnya...ini karena script apa beneran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. bener bgt, klo sama iren keliatan bgt cma script doang beda ama hyeri lebih natural, ia lgian dsana bnyak yg on screen dket tpi off nya gak cma krna script doang, enakkan liat yg bihind the scene nya kan tau mna yg dekat ama gak atau pas mereka lgi fan meeting. ada fto yg bogum kya jeles gtu pas hyeri perhatian ke junyeol, jgn2 sengaja cuek biar hyerinya yg duluan ngegoda wkwkkw

      Delete
    3. Hahahhaa....masa sih bogum keliatan jeles...aku gk merhatiin tuu...trllu banyak video dan momen gumri yg cute sih...jd terlewatkan dehhh

      Delete
    4. itu lho ka waktu adegan hyeri ngerapiin rambut mas pilot di video fansign disitu keliatan bogum kaya cemburu gitu hihi

      iya ga gratia?

      Delete
  17. Hahhahaaaa....makanya aku juga bingung coba kasih aku link video yg lengkap dehh...yg aku tonton kebanyakan momen gumri biar aku bs bandingin sejauh mna interaksi hyeri n mas pilot...
    Jarak kursi mrk yg deket?? Helloooww...walau emang bener...tp kan percuma...hyeri dkt2 bogum terus gitu looo

    Bisa jadi ya...bogum maen tarik ulur nihh...nakal deh...pantes si hyeri smpe kaget bener dia pake cincin...hehehhe
    Jd inget slh satu pertanyaan interview dia kmrn..km nyimpen nama hyeri siapa d ponsel? Jelas bogum blg ya aku mau nulis nm apa ya hyeri dong...trus dia nanya balik apa hyeri nulis nma dia d hpnya dg nama laen(hubby) gitu?? Ya mancing2 nih bocah...kepo jg dia kan

    Iya...borene mmg cute but no in real life...aku aja tau dia mc mubank gr2 r88...menurutq si irene kok nganggep bogum friendzone aja deh...ekspresi wajhnya biasa aja walau d goda2 bogum...apa irene jg jaim kali yaa...mna ada sih yg biasa aja d goda bogum...beda bgt sm ekspresi hyeri yg lepas kalo sm bogum jauh dr kata jaim...love her...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ka abby kemana aja? aku nunggu-nunggu balasan kaka dari tadi,ka azzhura nya lagi pergi keluar kota jadi ga bisa diajak ngomong sekarang T.T

      itu ka kalo mau liat video fansign versi dunia lain atau dunia delulunya tim mas pilot kaka bisa pergi ke blog sebelah udah ada di postingan terbarunya admin blog sebelah *ampun deh itu admin blog sebelah,itu admin blog sebelah sangat berpotensi jadi song cha ok versi dunia blogger*

      okelah ya tau banget yang namanya pemikiran dan pandangan setiap individu itu berbeda-beda aku ngerti tapi yang bikin aku kesel banget itu lho ka saat seorang penulis blog terkenal mengaburkan fakta-fakta yang benar adanya dan lebih memilih mengabaikannya demi ego pribadinya semata yg ga ada diada-adain bikin jengkel --

      haha. .
      iya reporternya aja sampe kaget dan ketawa waktu bogum bilang begitu "tolong tanyakan kepada hyeri dengan cara apa dia menyimpan namaku di ponselnya" bogum ceritanya ngeles ditanya wartawan malah nanya balik~

      di video fansign kelihatannya si hyeri minta tanda tangan bogum gitu ka entah buat dirinya sendiri atau buat fans bogum atau jangan-jangan buat ayahnya yg ngefans juga sama bogum *delulu active mode on*

      kalo dari beberapa video youtube yg aku liat sih ka ada beberapa video yg menunjukkan kalo irene kaya naksir bogum gitu di beberapa video itu terlihat mata irene yg cuma fokus ke bogum seorang dengan kata lain dia kaya merhatiin bogum gitu tapi ga tau juga deh ya jangankan irene ka waktu di mubank juga ada beberapa member girlband sejenis rainbow+gfriend yg merhatiin bogum banget ngefans kali ya pesona bogum terlalu kuat tapi bogumnya sendiri ga jelas suka sama siapa sejauh ini bogum nih tipe-tipe cowo yg kesannya baik ke semua cewe gitu,1 hal yg pasti mubank itu pake skrip haha

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Oh...iya aku memberanikan diri untuk pergi ngevote uri taeksun...itu kita cm ngelike doang kan...apa ada poll yg laen yg gk aku liat???
      Perasaan gk beda jauh sm tim pilot angka kita...tng ntar aku pjm fb temen2q buat nge-like....hahahhaa

      Delete
    4. ka boleh minta link pas hyeri minta ttd ke bogum??

      Delete
    5. Di instagram banyak gratia search aja #parkbogum nanti bermunculan videonya atau ke thread soompi aja threadnya park bo gum halaman akhir-akhir banyak tu videonya~

      Delete
  18. Ini aku lagi dikampus ka balesnya lewat hp,
    Haha maklum ka dia itu sebenernya ga yakin juga sama tulisannya sendiri makanya ngomongnya diulang-ulang terus pake penekanan kata pula lagi sesungguhnya dia beserta kroni-kroninya itu terintimidasi sama banyaknya momen bogum-hyeri itulah sebabnya dia perlu nulis sesuatu untuk menghibur dirinya beserta kroni-kroninya iti walaupun kesannya maksa banget muahaha

    Yup tugasnya kita cuma sbg voters aja katanya bagi yg ga punya akun soompi ttp bisa ikutan ngevote juga,sip sip aku juga ka aku bakal minjem fb punya temen+keluargaku biar votenya makin banyak~

    Usernameku di soompi : iris24 ka status = 0 post bingung mau nulis apa disana grammar juga masih ancur-ancuran hha

    Username kk di soompi "deota" bukan?

    ReplyDelete
  19. Votingnya belum mulai ka ada beberapa bagian di votingnya nanti kaya lomba 17 agustus gitu deh ka dipantengin aja terus ka threadnya kalo udah mulai kita siap-siap melancarkan serangan voting buat couple kesayangan kita wahaha

    Ada salah satu taeksun shipper dari vietnam yang membuat percakapan imajinasi antara bogum dan hyeri ketika video fansign dia menamakan imajinasi percakapan yg dibuatnya sebagai "DeluluSub" berikut delulusub buatan troung dari vietnam :

    Setting : video fansign momen ketika hyeri menemukan cincim di jari manis bogum

    Hyeri catch the ring asks
    Hyeri : what is this?
    Bogum : smile then stand up for intro
    Hyeri : keep tearing then drink for calm down then she stand up for intro
    Then she passed the mic to jung hwan

    Bogum : sth is in my eyes
    Hyeri : smile then turn away coldly hyeri eyes blur because the ring is too bright

    Kemudian ada bagian didalam video yg memperlihatkan hyeri menyentuh rambut jung hwan untuk membuat seseorang marah/cemburu

    Bogum : hyeri lihatlah kearah sini aku tau
    Hyeri : dia memberikanmu cincin?
    Bogum : kamu tau?
    Hyeri : ya dia adalah j estina manajer,you are in the palm of my hand
    Bogum : ahh (style ala choi taek)
    Kemudian atmosfer suasana kembali manis seperti yg kita lihat di video penuh canda tawa hyeri dan bogum

    Tambahan adegan susu coklat chocoemon yg diminum bogum sewaktu fansign berikut dialog percakapannya alias delulusubnya :

    Hyeri : oppa dimana kotak susumu? Kamu berjanji untuk memberikannya padaku
    Bogum : aku meminumnya,kamu ingin mencoba rasanya?

    [Selesai delulusub fansign video moment bogum-hyeri by troung from vietnam]

    Haha mohon maaf aku pake bahasa campuran semodel cinta laura soalnya aku rada males nerjemahin keseluruhan delulusub buatan troung jadi dipaham-pahamin aja deh ya,terus terang alu ngakak naca delulusub buatannya troung kali aja itu beneran percakapan mereka waktu fansign begitu adanya~

    Iya ka kali aja ortunya hyeri ngebet juga sama bogum terus pengen jadiin bogum menantu makanya minta tanda tangan bogum wahaha *delulu again*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaaa....aku gk nyangka dia blm move on jg pdhl drama udah end....malah tambah kegilaanya...aku rasa mesti konsul psikolog deh...gk terima banget sm taeksun couple...trus maksa jodoh2in d dunia nyata...ckckckckckc...gk liat dg mata yg jernih apa ya sm siapa hyeri lbh nyaman...

      Sip2...aku akan pantengin terus...yup nama userq deota...hahhaa...aku aja ya ngawur nulisnya...sebisa aku...untung pada paham jg apa yg aku tulis...hehehe...abis gk tahan kalo gk ikutan comment...

      Iya...banyak org vietnam yg suka drakor ya...kbykn mrk buat mv juga...bisaan aja buat delulusub...keren...

      Semoga bnran buat appa hyeri...sapa yg gak mau punya mantu dedek bogum coba...

      Km punya twitter gak nis?? Biar tambah asyik bahas foto fansign sembari liat foto mrk...idq @deotalovely... hahahaa...alay banget ya maklum buatnya pas jaman jahiliah

      Delete
  20. Aku ngakak baca delulusubnya truong kali aja itu beneran begitu percakapan mereka waktu fansign,

    Ada yg lagi kesenengan tuh ka gegara bogum belum konfirmasi kedatangannya ke konser reply 1988 5 maret ntar tapikan tapikan waktu acara fansign juga kemarin-kemarin banyak yg ngira dia ga dateng eh ternyata diakhir-akhir hari dia konfirmasi dateng walaupun persentase kemungkinan dia dateng kekonser cuma 1 % tapi aku sangat berharap dan berdoa dia bisa dateng pengen liat bogum hyeri duet nyanyi bareng T.T

    Bogum jadwalnya padet banget sih huhu. .
    Kalo beneran ga dateng ke konser dianya aku mah bisa apa cuma bisa ngulang-ngulanh reply 1988 episode 19 20 seharian dihari itu ketika dia tak datang kekonser *nyiapin hati ceritanya*

    Aku juga ngakak ka ngeliat mereka ngakak sekaligus kesel-keselnya --

    Amin amin amin semoga mereka beneran jadian tapi kalo ngga ya ga pa2 juga sih asal jgn ada berita hyeri ngedate diem-diem sama mas pilot aja aku ga rela mah kalo begitu hha

    Twitterku : ica_minhotic (sama aja ka aku namanya alay juga bikin sejak smp ini kalo ga salah twitternya mau bikin baru sayang juga)

    ReplyDelete
  21. Ah, sudah part 2, maaf kakak baru sempat komen sekarang.
    Selalu suka dengan sinopsis yg kakak bikin, ada saja sisipan komentar di jeda scene berikutnya.
    Di tunggu yg eps.20, fighting ↖(^▽^)↗

    ReplyDelete
  22. ga bisa berhenti ngakak waktu nonton SNL korea Reply 1988 Jung Hwan Parody Version

    Bagi Taeksun shipper kalian wajib nonton ini kapan lagi coba bisa ngeliat parodinya mas pilot ini linknya buat part 1 :

    https://www.youtube.com/watch?v=T1SrYXEnlOs&list=FLCNFWBkenF8urODpu5PxVAg&index=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaaaaa....ngakk banget liat parody ini nis..aku prtma liat d forum spesial taeksun soompi...mana komentar mrk ngena banget dehhh

      Oke kita harus buat kata2 yg sehat yaaa nis...
      Video dr parody ini kejam banget menurutq...kayaknya shin pdnim dan lwj writernim dan tvn geram dan kcwa jg dg team jh yg obsesi pgn jh jd hubby dan jg wawancara aktor itu stlh drama end....pdhl ending jh itu dibuat sebijak2nya penulis...
      1.jh tau d mna dia hrus mundur jadi dia tidak trlalu memaksakn kehendak jd harusnya sakitnya jg gk terlalu ...bandingin sm ending cb dibuat smpe d menit2 akhir harapannya dan ternyata dia bkn hubby nya...sakitnya kayak apa iru tim cb...makanya disini penulis gk mau ngulangin kslhn yg sama....tp apa respon dr fans jh gk ada rasa terima kasihnya...jd parodi ini dibuat untuk menyinggung ending jh...parah d buat tragis banget...dan jg untuk membuka mata mrk bahwa eonamtaek end game...lucu banget nama taek d ulang2 teruss...
      2.jh berhenti jd air force dan bljr maen baduk slm 10th...sumpah ngakak banget liat ini..dia kalah sm anak bocah pula...mna papn baduknya tulisan choi taek dg stone hitam dikelilingin dg stone putih...daebak...ini nyinggung mslh wawancara rjy yg blg dia bs meranin taek karena bs maen baduk...
      Hehehehehe...ternyata tvn n team ngikutin perkembangan berita stlh reply end...video itu menggambarkan dg jelas apa yg mrk ingin tunjukkan eonammtaek all the way gitu looo...terimakasih telah memberi keadilan bagi kami tim taek...

      Btw dulu awal2 kan mrk tim jh tapi liat apa yg terjadi stlh wwncara dan taxy show mrk jd anti jh...wkwkwkwkw...kasian...

      Delete
    2. kaka inget lho ka harus bikin komentar yg innocent,
      secara ini parodi jadi ini hanya untuk just for fun jangan terlalu dimasukkin ke hati ya kali aja ada yg tersinggung lagi,

      lucu banget ka parodinya,apalagi waktu shin Pd jadi-jadian bilang begini "lee woo jung sedang mempertimbangkan untuk migrasi ke negara lain" wahaha

      sorry so sorry nih ya,
      parodi ini sepertinya terinspirasi setelah ending reply 88 beserta interview para pemain seperti yg ka abby bilang diatas sebenarnya jung hwan ga jadi cameo di episode 19 dan 20 itu buktinya dia dibikinin episode tambahan di snl korea episode spesial episode khusus,

      kaka,tadi pagi aku curhat sama temenku yg tim taek juga aku bilang begini "aku sedih banget bogum kayanya ga dateng ke konser" terus kata temenku begini ka ke aku "ga usah sedih nis ayo semangat biar kata bogum ga dateng ke konser itu ga akan merubah apapun sejak awal taeklah pemenangnya".

      jujur aku mengatakan secara pribadi parodi di snl korea kemarin sangat kejam bagi tim yg merasa terzalimi tapi mau gimana lagi kalo mau salah-salahin lagi salahin yg bikin ya jangan kami,

      ayo ka mending kita nonton Vapps yof jam 1 ini,aku rasa wajar kalo bogum di yof kesannya bukan jadi leader secara diakan perannya sbg maknae disana itu lho alasannya ga ada hubungannya sama hal-hal lainnya yg berkonotasi negatif.

      Delete
    3. Hahahahaaa...rada krg excited ntn yof gr2 ini...aku berharap banyak bromance bogum n gkp...yg bnr2 mrk b2 itu the real bromance...tp aku akan menonton sepenuh hati bogummy...

      Tapi bnran kejam tu parody masa setiap kiss scene muncul jh...sakit hati banget kalo aku tim jh...piss
      Well...tu parody gk mungkin ada tanpa sebab dan faktor pencetus kan..you know what i mean??

      Aku berharap dia akhirnya dtg k konser...kayak fansign kmrn tadinya blg gk dtg tp d akhir2 mutusin dateng...bintang sllu dtg terakhir kan?? Bayangin dia duet sm hyeri kyk in guk n eunji pasti so sweet..

      Delete
    4. kaka,diliat lagi ka ini komentar kita udah waras belum? kaka tolong ingetin aku selalu ya ka kalo komenku mulai agak hilang kendali mari kita sama-sama saling mengingatkan,

      haha. .ya ga pa2 ka lagian bogum disana akrab sama semuanya kok secara perannya disana jadi golden maknae yg disayang sama semua hyungnya,aku punya cc cleaner pembersih otak ka sini kaka aku pinjemin tadi aku udah pakai biar bisa nonton yof pakai pikiran jernih ka haha *apa-apalah ini*

      iya aku juga berharap begitu tapi kalopun ngga dateng yaudah berarti emang bukan rejekinya ka *belajar dewasa ceritanya*

      Delete
    5. Yupss...yupsss...sejauh ini masih sehat sihh..hehehehe

      Boleh2 tu brain cleaner pinjemin k aku...biar bs enjoy ntn yof...hihiiii

      Harus kembali ke moto awal qt ya teamlowexpect jd kalo gk kesampaian gk terlalu sakit jatuhnyaaa...berharap dg kemungkinan 1% bogum bakal dtg k konser...

      Delete
    6. oke deh nanti aku kirim pake jne yes ketempatnya kaka biar bisa langsung dipake hha. .

      masih ngakak kalo inget snl korea kemarin baru tau ternyata Tvn itu tipe stalker juga gimana bisa coba mereka bikin parodi selucu itu kalo ingat shin pd jadi-jadian ngomong "lee woo jung sedang mempertimbangkan untuk imigrasi ke negara lain" lucu banget shin pd fakenya sampe pura-pura nangis lol

      eh ka tadi di Vapps bogum bikin balet pose lho dan itu lucu hhe

      sesuju dateng ga dateng kita tetep bahagia harus bersyukur kita udah dikasih ending yg indah sama writer-nim and pd-nim jadi kitanya ga boleh terlalu serakah mau segalanya~

      Delete
    7. Hahahahaaa...gk ada habisnya bahas parodi snl tvn mahhh...pasti ngakak guling2...hiburan banget deh buat kitaa....
      Tuhan itu mmg adil...kebayar semua kesabran kita slm ini...karena org korea sna sendiri lo yg buat itu...terbukti kan mna yg sesuai...shin pd fake i love you...

      Masa sihhh...aku ktgln td ntnnya nanti lah d dunlud kalo ada yg posting...lumayan vitA...bogum gantengnya gak ketulungan soalnyaa...

      Yuuppzz....sudah terlalu banyak keindahan yg kita dapat...harus banyak bersyukur#ini ngomongin apa toh yaaa#
      Tetap berharap keajaiban 1%....heheheheee

      Delete
    8. Get well soon ryu jun yeol ahjusshi,
      semoga cepet sembuh ya jangan kelamaan sakitnya *serius ini ucapan tulus dari lubuk hati terdalam* dikasih tau temen tadi soal ini,aku juga punya temen ka dia ngefans ryu dan anehnya kami damai-damai aja haha

      di youtube banyak ka ato ke thread park bogum,iya tapi meskipun dia ganteng bukan berarti aku jatuh cinta hanya karna ketampanannya itu yg membuat aku jatuh cinta adalah kemampuan akting dan personalitynya soal tampangnya belakangan nomor 2 aku tetap lebih menyukai lee kwang soo walaupun song joong ki lebih tampan dari dia *tolong jangan menuduh saya munafik karna saya ngomong begini ini serius*

      Delete
    9. Iyaaa....kasian rjy lagi gak fit batuk2 terus...gws jungpal ahjussi

      Hahahahahaaa...jelas lah dek wajh gantengnya itu bonus...akting and pesonality dia yg lebih memikat tentunyaaa...

      Sm banget sihh...tosss...aku jg lbh suka kwang soo kharismanya sungguh memikat...selain dia lucu banget...manner and personality nya yg bikin klepek2...dia sllu sopan sm siapa aja...dan sllu melindungi ji hyo

      Delete
    10. aduh kaka kita ko sebaik hati ini sih baru nyadar,apa mungkin kita berdua titisan bidadari yg nyasar di bumi kaya nawang wulannya jaka tarub XD

      denger-denger ji hyo ada something sama commander kasian gary *disambung-sambungin*

      Delete
    11. Nisa, SNL Korea ini engsub engga?

      Delete
    12. Udah denger lm sih gosip itu...monday couple itu sejarahbrm banget...lucu pas mrk awal2 epi waktu d jodoh2in...
      Semenjak reply aku gk ngikutin rm lagi nih...banyak epi yg hrus kukejar dehhh

      Delete
  23. Apakah semenyenangkan itu anda dan kroni-kroni anda menghina karakter taek dan park bogum di twitter bahkan juga di blog anda? saya bahkan tak pernah berkomentar di blog anda lagi kenapa anda datang kesini dan semarah itu? sementara saya maupun yg lainnya hanya ingin punya ruang pribadi untuk mencurahkan isi hati kami masing-masing seperti halnya anda maupun para pengikut anda sejak awal saya dan yg lainnya tak pernah berharap taek akan menjadi future husband selalu diam dan diam bahkan saat orang-orang mengatakan taek adalah the next chil bong kami tidak butuh diakui sbg pemenang silahkan lakukan apapun yg anda ingin lakukan saya maupun yg lainnya hanya ingin mengatakan kepada dunia bahwa kami punya fakta yang selalu anda ingkari anda boleh tak menerima fakta-fakta itu sepanjang hidup anda tapi tolong jika anda masih punya rasa malu tolong pergilah dari sini ruang pribadi yg berisi fakta-fakta yang kami yakini. .

    jujur saya kecewa melihat anda seperti ini,saya mengagumi tulisan yg anda buat bertahun-tahun membayangkan betapa hebatnya anda yg menulis tulisan-tulisan hebat itu sebelum reply 1988 terbit,luka yg anda rasakan karna ending reply 1988 itujuga luka yg saya rasakan ketika saya tau orang yg saya kagumi penulis yg saya anggap hebat ternyata realitanya seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Udah nis sabar2...disini gk ada yg lbh dewasa satu sm lain...kita semua childish karena mempertahankan umtuk membela tim masing2...untuk km yg tanpa nama alias anonim jgn sok lebih dewasa...kita jg tau lah tim kalian jg mengolok2 taek kayak gmn....ya intinya qt sm slg membuat pertahanan untuk membela tim masing2...

      Kalo mau ngerunut masa lalu... kita tim taek sllu terintimidasi dg komentar kalian ttg taek...tp qt diam aja gk ngebales...tp doa km dijawab tuhan melalui lwj writernim#mulai lebay bw2 tuhan#
      Jd apa kita salah gembira dg ending yg kita dapet...saatnya kami punya forum sendiri membahas drama terindah yg pernah kami liat...
      Salah mmg kami membawa2 kekecewaan kalian d forum kami tim menang...pasti sbg tim kalah kalian mrsa terpukul...tp sbrnya kalo kalian ntn drama ini tdk dg kacamata bias kalian akan mrsa ending jh sungguh di buat bijak oleh penulis...
      Saya dan nisa minta maaf karena membawa masalah kalian d forum kami...saya tidak akan membahas tim kalian lagii dan tak akan membahas blog jh team lagi....maaf setulusnya dr saya yg slm ini sudah menyinggung kalian...

      Delete
    4. wahai anonim,siapa namamu apa kamu seseorang berinisial C,O,L,atau mungkin S haha. .

      iya bener apa kata ka abby sebenernya kita sama-sama childish lho sama-sama delulu juga,di twitter kata-kata mereka soal taek/park bo gum dan kita parah banget lho ka aku liat terakhir tadi malem dan cukup terakhir kali itu aja aku liatnya lagi selamanya ga mau lagi pergi ke blog maupun twitter itu lagi udah kapok,

      kaka,kita sudah dianugrahi ending yang bahagia oleh writer-nim maupun Pd-shin mari kita isi komentar-komentar kita selanjutnya dengan komentar-komentar kebahagiaan juga tentang Our OTP kita tanpa harus membawa embel-embel couple lainnya,kita harus mensyukuri ending indah yg diberikan penulis dan Pd pada kita ka bahkan kemarin saking sayangnya mungkin mereka sama Tim taek kita dikasih bonus tayangan prodi,

      Quote :
      Manusia ada karna Tuhan yang menciptakan,Luka ada karna Manusia menciptakannya dari harapan menjulang tinggi yang hancur bagai debu dan tak bisa tergapai.

      Delete
  24. Saya penikmat drama korea selama 14 tahun ini,jd bkn hanya penonton. Dari jamannya full house nya rain & skrg yg lagi booming answer me 1988 hehe. Menikmati setiap adegan dramanya,akting pemainnya, pelajaran yg disampaikan tiap2 drama. Masih sering baca2 sinopsis termasuk answer me 1988. Blog siapa saja, kalau ketemu saya baca. Saya sempet kaget ada salah satu blog, cuma menulis sinopsis answer me 1988 hanya 18 episode. Padahal yang saya tau episode nya sampai 20. Ada salah satu tulisan, baginya drama answer me 1988 hanya 18 episode. Saya sempat heran waktu itu,bertanya kenapa? Ohhh..Akhirnya saya cari2 blog lain ketemu blog ini. Saya bkn team taek/jung hwan, tapi penonton yg menikmati drama ini. Makasih udah menulis episode 19. Saya tunggu episode 20 nya ya mbak hehehehehe

    ReplyDelete
  25. Kenaapa aku baru nemu blog ini sekarang?????? -_-
    U has my mind min..
    Gw ngeluarin "unhuman sound" baca blog lo. Entah itu tertawa, nangis, teriak ato entahlah..

    ReplyDelete
  26. Aku mau ngucapin permintaan maaf sebesar2nya dg komen2 yg aku berikan mmg terlalu berlebihan...untuk kedepannya aku akan lbh hati2 buat postingan....
    Terutama untuk mb.azz...maap banget membuat keributan di sini karena postingan aku yg berlebihan kata2nya...

    Tapi aku gk akn berhenti buat posting ttg gumri...kali ini dg kata2 yg lebih sehat...nisa jgn kapok bikin komentar2 asyik sm aku yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita mengucapkan maaf ketika kita menyadari bahwa kita salah tindakan seperti inikah yang dikatakan oleh mereka sebagai tindakan tak dewasa immature fans? haha

      ga kapok kok ka,inget lho ka sekarang kita harus lebih hati-hati lagi kalo bikin komentar karna kayanya blog ini ada "mata-matanya" juga

      aturan tim pemenang :
      1) tak boleh protes jika dihina
      2) tak boleh menghina karakter kesayangan mereka
      3) tak boleh ngeyel cuma yg kalah yg boleh ngeyel
      4) harus selalu sabar dan sabar dari sejak dramanya tayang sampai akhir selalu jadi yg terpojokkan

      yg lain ada yg mau menambahkan?

      Kepada ka azzhura aku mohon maaf yang sebesar-besarnya sekali hingga mengakibatkan hal seperti ini terjadi bagaimanapun juga aku juga turut andil menyumbang beberapa persen kesalahan,aku hanya sudah terlalu lama memendam emosiku akan mereka tak bolehkah aku meluapkannya sesekali?

      dan untuk menghindari ini terjadi lagi kedepannya dari detik ini aku akan berhenti pergi dan membaca tulisan-tulisan di blognya mba hazuki beserta berhenti berkunjung ke twitternya yg dihuni oleh para pengikutnya itu yg bahkan kata-katanya mereka sangat luar biasa sekali luar biasa tajam dan menusuk,kaka bisa pegang kata-kataku ini,

      terus nulis ya ka jangan hapus apapun,aku mencintai dan mengagumi tulisan kaka seperti aku mencintai tulisan-tulisan yg dibuat oleh Jack canfield penulis favoritku dengan buku terkenalnya yg berjudul "chicken soup for the soul".

      sekali lagi aku minta maaf yg sedalam-dalamnya atas kejadian ini,

      Quote :
      Orang yang berpendidikan bagus bisa dilihat dari caranya menulis dan menanggapi sesuatu dan dari caranya memilih kata-kata untuk berbicara

      Untuk ka abby :
      mari ka kita buat komentar-komentar lagi ditulisan ka azzhura selanjutnya tapi kali ini komentarnya kita harus bersih dan sehat dari unsur-unsur luka tim sebelah,biarkanlah kata-kata mereka saja yg "kotor" kita-kita jangan lagi mengikuti jejak mereka,mari buat dunia kita sendiri ka dunia yg dipenuhi momen-momen manis bogum-hyeri yang tak terhitung banyaknya lagi~

      sekian.

      Delete
  27. Aturan buat yg menang kok gk enak banget sihhh...dr dulu udah tertindas masa skrg masih tertindas juga...kasian banget sih kita...hahahahaa
    Well...gk pa2 sih yg ptg taeksun n gumri menang banyak...hehehehee

    Ok...fix...kita jgn bhs2 selain taeksun n gumri...oke bebeh...gk usah lagi kepo dg mrk...wkwkwkwkwk

    Karena yg meminta maaf duluan tak akn membuat dia lbh rendah...pjm kata2 appa taek k jinjoo epi18...wink

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaka sayang itu twitter kaka udah aku follow sekalian follow twitternya ka azzhura juga ka kasian ka azzhura jadinya ka kalo bisa sekalian dihibur ya ka T.T

      aku semakin kagum sama ka azzhura,tingkat kedewasaannya mengagumkan walau diomongin macem-macem tetep bisa setenang itu,20 jempol buat ka azzhura~

      O ya appanya jinjoo ada ngomong begitu ya,oke aku mau rerun epi 18 dulu waktu bagian appanya jinjoo ngomong begitu hhe

      buat ka azzhura jangan kapok sama kita berdua ya ka ini beneran aku dan ka abby beneran udah tobat nasuha ga akan begitu lagi. .

      Delete
    2. Yuppp...aku udah folback km kan... rada2 lupa maen twitter...baru aktif gegara r88...aku jg udah follow mb.azz...
      Iya mb.azz emang sabar binggo...salut...
      Please jgn dihapus sgl pistingan disini....nangis guling2...
      Beneran aku sm nisa udah tobat nasuha ini...

      Btw...d mna bs ntn streaming yof?? Minta link nya dong

      Delete
    3. iya ka kami udah tobat nasuha T.T

      biar kata mulut aku dibekep pake sendal aku terima dengan senang hati kok sendalnya lumayan buat koleksi sendal dirumah yg sering ilang entah kemana wahaha. .

      nanti ya ka aku kirim linknya aku mastiin dulu yof tayangnya dimana kalo yof iceland kmrn sih tayangnya di channel m sama tvn ga tau kalo yg ini

      Delete
    4. Udah ntn acara vapp yof belumm???
      Bogum ganteng bangeettt....meleleh n mimisan liatnyaaa...
      Dia bnr2 org yg memberi aura positif yaa...slogan "kamsahada" tercetus gr2 dia sering blg terimakasih apapun yg terjadi jd para hhyung terinspirasi pake slogan kamsahada...

      Delete
    5. sory kaka baru bales aku baru bangun tidur mumpung libur kuliah,

      udah dong kaka,kesannya yof tadi kaya interview semua hal tentang bogum si kyung pyo ada nyeritain dia begitu juga ahn jae hong,katanya bogum kompetifif gitu orangnya kaya karakter taek,aku seneng banget Vapps nya ada eng subnya jadi aku ngerti apa yg mereka omongin~

      haha. .iya aku kira awalnya slogan itu siapa yg buat ternyata slogan itu berasal dari si maknae baik hati yg sering bilang kata "maaf dan terimakasih" disetiap waktu bogum sangat sibuk dengan jadwalnya tp hebatnya lagi dia masih bisa tetep hadir di perkuliahan dan ikut dalam presentasi tugas,heran deh orang yg sebaik ini dibenci dan diolok-olok dunia kayanya sebentar lagi bakalan kiamat

      Delete
    6. Its okee...aku jg lagi santai2 karena shift malam...
      Km hr ini blm ngetwit yaahh...aku udah tes tes twittermu

      Iya sng banget ada engsubnya...kan gk mudeng ya mrk ngomong pake bhsa dewa...heheheee
      Bogummy is scene stealer...aku suka dia bikin lope2nya sm gkp...

      Yuppss...dan luar biasanya dia sibuk gitu ttp sehat2 aja yaa...the power of milk kayaknya...ironi banget ada yg ngolok2 dia minum susu...haters gonna be haters dek kayak lagu taylor swift...gk usah ambil pusing mrk...org sebaek apapun pasti ada haters...jae suk n lee seunggi jga...

      Aku sih udah curiga itu terinspirasi dr bogum abis awal keluar kamsahada itu pas d trailer bogum duluan yg bilang "haruskah qt keluarkan slogan kita???"...langsung deh mrk bareng2 blg kamsahadaaaaaa...

      Yg aku bikin ktawa lagi dia gk bs nyetir dg ahli jd sering nabrak deh...taek banget kan...aih tambah gemes sm tu bocah

      Delete
    7. aku juga suka karna udah sering kerja bareng jadi nuansa persaudaraan diantara mereka terasa sekali di aku kyung pyo juga ga segan sedikitpun buat muji bogum ga mungkin kan ya ada orang yg segitu seringnya muji-muji kaya kyung pyo kalo memang faktanya begitu fakta dia baik dan bla bla sebagainya

      pantesan dia ga ada niatan beli mobil belum mahir ya ternyata tp masih mendingan ka daripada aku yg ga bisa nyetir sama sekali hha

      ah iya bener itu bahkan Nabi Adam ada hatersnya juga hatersnya Nabi Adam = iblis apalagi manusia kaya mereka aku aja ada hatersnya sekarang ka ada yg mau bekep mulutku pke sendal tadi siang katanya aku gila dia benci komentarku di blog ini aku jawab begini "makasih banyak sendalnya lumayan buat nambah koleksi sendal dirumah yg sering ilang".

      Delete
    8. Hahahahaa....bisa dag dig dug naik mobil b2 sm diaa...

      Udah lupain aja tu haters...kan kita udah pts hub dg yg itu2...fokus sm hub qt b2 aja#nah lohhh# mending skrg mandangin foto bogum yg manis semanis madu...

      Delete
  28. Bolak balik cantikkk...nunggu episode 20...semoga ksibukkan mbak azz cepat selesaii..biar bisa update lagi ♥♥♥

    ReplyDelete
  29. Kakak~ adakah line utk bisa gosipin ini anak org yg ganteng ini aka bogum oppa ? *lupa umur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahai anonim namamu siapa?
      untuk sekarang belum ada

      Delete
    2. Saya ka yg berjiwa anonim itu ~ haha post komen pertama kali soalnya,biasanya silent reader.
      Oh kalo ada info"nya ya hehe,gatel ini gosipin dek bogum lalala

      Delete
    3. ade beneran fans bogum kan?
      maaf rada paranoid karna di blog ini sekarang sudah tersedia mata-matanya hha

      Delete
    4. Hahhahaaaaa....nisa jadi paranoid...wkwkwkwkwkk

      Delete
    5. Kkkk ade takut kalo boong nanti dipeluk bogum *nahkan*
      Enggalah bukan. Niatan awal donlot am88 malah buat liat bogum doang wkwk

      Delete
    6. Oke ade maaf ya,
      Maklum ade kaka trauma tadi pagi kebanyakan dapet sendal dari haters kaka,ade mau kk kasih sendal juga? *ga jelas*

      Welcome to the this blog de,
      Komentar-komentar kk sebelumnya yg kurang sehat jangan ditiru ya hha


      Semoga ade betah berada di blog ini :)

      Delete
  30. Wah udah lama ga mampir kesini dan udah serame ini ditunggu yah ka sinopsis ep 20 nya ^___^ salam damai semuanya

    ReplyDelete
  31. R88 "The Original" Ending, Part 1: Gae-Jung-Pal's Hidden Love Story

    Mr. Bong: RJY's fans were very sure that DS's husband would be JH, but contrary to their expectations, it was Taek.

    PD Shin: Because of that, I had to disconnect my internet. And the writer, Lee Woo-Jung, had to consider emigrating.

    Bong: Wow, that is quite serious.

    What is the reason the husband had to be Taek? I wonder if it's because JH was such a frustrating character? Let's watch this scene [at the steps where DS was crying, but Taek gets there first]. Isn't this such a heartbreaking scene? I think the viewers must have shed a lot of tears. You would think JH would have yelled or cried out from his heartbreak?

    Shin: Actually, that's not the case. There is a "behind" story of JH.

    Bong: Is that so? Then let us watch the unaired scene.

    [scene]

    Shin: JH watches Taek and DS embrace until the very end. The only thing he could ever do is to watch them from afar.

    Bong: Next scene is when DS and Taek kiss for the first time. We were curious about whether this was a dream or reality. The moment in which JH finds out that this is reality, wouldn't that be a very sad scene?

    Shin: JH already knew that it was real. He was hiding in the closet, watching, trying to suppress his crying.

    [scene]

    Bong: I feel that this is the best lamenting scene since Al Pacino (in Godfather III). It seems regrettable that this was not included in the show.

    Shin: Society frowns upon stalking, so we decided it would be best to remove such scenes for moral purposes.

    Bong: The next scene is the forceful kiss that confirmed the two lovers' feelings in China. It was a scene that made many hearts flutter.

    [scene]

    Shin: (crying) The truth is that JH was in China for flight training. He went to the hotel to have some soju with Taek, but ended up seeing them kiss. When we shot this scene, JH cried so much, we even had to stop shooting.

    Bong: It looks like DS, to JH, was a sincere platonic love.

    Shin: (still crying) That's not it. It was just... stalking... stalking.

    Bong: Next scene, the two lovers confirm their eternal love and kiss, while keeping it secret from their parents.

    Shin: There is an old saying that goes, "Day words are heard by birds, and night words are heard by Jung-Hwan."

    (The real saying is, "Day words are heard by birds, and night words are heard by rats." It means, be careful what you say because you never know who is listening.)

    [scene of JH drinking and eating in the trunk of the car, then crying]

    Shin: (crying) JH has buried DS in his heart, and is crying tears of blood.

    Bong: So many moving scenes. Why couldn't we see them in the actual show?

    Shin: We couldn't hurt the "Uh-Nam-Ryu" fans more. So we couldn't include them.

    (crying) JH has buried DS in his heart. (pointing to his chest) This is a gravesite.

    Nis coba baca engsub parody snl ini tambah ngakak dehhh....paling ngena banget yg ini
    Shin: There is an old saying that goes, "Day words are heard by birds, and night words are heard by Jung-Hwan."

    (The real saying is, "Day words are heard by birds, and night words are heard by rats." It means, be careful what you say because you never know who is listening.)....

    makanya hati2 dg ucapanmu wahai anak muda...aku rasa pd shin n lwj bnr2 sakit hati dg perkataanmu....ckckckckckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah reply tweet kaka kok dari siang tadi belum nyampe ya atau barangkali belum terkirim? id line kk apa?

      haha. .
      iya udah baca ka ini sih namanya majas of sarkasme banget percakapannya di snl korea itu

      link for streaming tomorrow ka ada 4 link yg aku punya :
      1) https//aqstream.com/tvn/tvN-Mobile

      2) http//tv.idol001.com/idoltv-tvn.html

      3) http://www.hanyutai.com/tvn.php?mobile=no.html

      4) http://tv.exitoostore.com/2014/07/tv-online-tvn-v3.html

      sepertinya beginilah caranya lee woo jung dan shin pd mengungkapkan rasa protes dan terzaliminya terutama lee woo jung habis derita 94 terbitlah derita 88,writer lee woo jung pastinya adalah orang yg kuat hingga masih bisa bertahan hidup dengan semua protes dan kebencian dari para penontonnya,

      dan ka azzhura kalau bisa tulis soal yof juga ya ka kalo kaka ada waktu aku harus pergi ke blog mana lagi buat baca sinopsis yof kalo ga ke blog ini T.T

      akukan udah janji sama kaka jadi aku ga akan mengingkari janjiku shioku anjing lho ka shio anjing terkenal dengan kesetiaannya.

      Delete
    2. Sipp...sippp...btw bsk acaranya jm brp ya wktu indo bag bart???

      Aku rasa lwj udah terlatih wktu yg 94...dan saat 88 kejadian dia kyknya udah mulai terbiasa deh...himnae lwj-ssi...you are the most genius writer...ignore the haters...lbh banyak yg mencintaimu...

      Alhmdulillah banget kalo mb.azz mau buat sinop yof...aku sangat berterima kasih...

      Delete
    3. jam 09.45 malam ka,
      id line kk apa?

      iya amin amin amin,
      lee wo jung itu mental baja kali ya ka ga kebayang gimana rasanya kalo aku jadi dia mungkin aku ga bakalan sekuat itu

      Delete
  32. Orang-orang yang tahu cara meminta maaf setulus hati, tidak akan mengikutkan amarah bersamanya. Tak ada satu pun dari apa yang kita lakukan--tak beresiko. Pun meminta maaf. Be wise. Think twice before you talk :))

    ReplyDelete
  33. Stop posting komen yang bisa memancing keributan!!!!

    ReplyDelete
  34. Makasih lo anonim nasehatnya...tp ssh ni masa mau blg makasih k org yg tanpa nama....smga km sllu berpikiran bersih dan bijak sllu...sekali lagi makasih looo

    ReplyDelete
  35. makasih sinopsisnya mb azz... dtunggu ep 20 ny....

    idem sama nisa n aby, lg nonton one more happy ending jg

    ReplyDelete